Bertepatan dengan hari ke 17 bulan Ramadhan 1433 H atau Senin (6/8/2012) awal pekan lalu, PT Pertamina UBEP Tanjung menggelar buka puasa bersama segenap karyawan PT Pertamina Murung Pudak. Acara yang mengambil tema: “Bersama mewujudkan Pertamina sebagai Perusahaan Energi Nasional Kelas Dunia” ini dihadiri GM Pertamina UBEP Tanjung H Edy Fritz Dominggus, Direktur Eksplorasi dan Pengembangan Pertamina EP Pusat Dody Priambodo yang datang bersama Ustadz H Yasir Arafat Lipoto dari Bogor, Wakil Bupati Tabalong H Muchlis SH, Komandan Kodim 1008 Tanjung Letkol Inf Bambang Indrayanto, GMO PT Adaro Indonesia, Priyadi dan sejumlah undangan penting lainnya.
Acara diawali penjelasan seputar Safety Briefing Area tempat dilaksanakannya kegiatan buka bersama, kemudian dilanjutkan sambutan GM Pertamina UBEP Tanjung H Edy Fritz Dominggus yang memperkenalkan Direktur Eksplorasi dan Pengembangan Pertamina, EP Doddy Priambodo.
Tak lupa ia mengucapkan terima kasih kepada PT Adaro yang telah memfasilitasi rombongan lewat jalur penerbangan.
Direktur Eksplorasi dan Pengembangan Pertamina EP Dody Priambodo pada kesempatan itu memberikan spirit kepada segenap staf, karyawan dan keluarga besar PT Pertamina Murung Pudak, dalam tugas dan pengabdiannya dengan mengambil contoh keteladanan Rasulullah yang lebih banyak mendahulukan kepentingan orang lain demi menuju jalan yang diridhai Allah.
Ia juga memaparkan betapa beratnya tugas PT Pertamina untuk kepentingan orang banyak, mengingat pertambahan kendaraan bermotor yang semakin tahun demikian pesat, yakni 3 juta unit kendaraan roda dua dan 1 juta mobil per tahun.
Kalau masing-masing kendaraan tersebut diratakan 1 liter saja penambahan kebutuhannya dalam satu hari, maka Pertamina harus berupaya melakukan penambahan produksi 4 juta liter per hari. Oleh karenanya, masing-masing lapangan berupaya menyumbang agar bisa memenuhi kebutuhan produksi nasional. Diharapkan semua upaya itu menjadi ibadah bagi kita semua,” ujarnya.
Dody berharap UBEP Pertamina Lapangan Tanjung bisa meningkatkan produksi dari sekarang 4 ribu barel per hari menjadi 10 ribu barel di masa yang akan datang.
Sementara Wakil Bupati Tabalong H Muchlis SH menyambut baik kegiatan buka bersama tersebut sebagai ajang silaturrahmi yang banyak sekali hikmahnya, di antaranya memperpanjang usia.
“Pemerintah Kabupaten Tabalong merasa sangat berkepentingan dengan keberadaan dua perusahaan besar, PT Pertamina dan PT Adaro Indonesia. Pendapatan pemerintah daerah cukup besar di sektor ini, di samping manfaat keberadaannya dapat kita rasakan bersama,” katanya.
Menurut H Muchlis, hal ini patut disyukuri. Pasalnya, kedua perusahaan besar tersebut berperan membantu Kabupaten Tabalong untuk bisa keluar dari kesulitan-kesulitan APBD.
Ustadz Yasir Arafat Lipoto selaku penceramah dalam tausyiahnya mengajak hadirin untuk senantiasa bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT.
 “Kita harus pandai berterima kasih kepada orang-orang yang berjasa terhadap kita, termasuk para pendahulu kita. Wujudnya antara lain dengan mempersiapkan generasi muda untuk mampu menjadi pemimpin yang baik di masa yang akan datang,” paparnya.
Dalam acara buka puasa bersama itu, PT Pertamina UBEP Tanjung juga menyumbangkan sejumlah bantuan kepada dua Panti Asuhan yang diserahkan langsung oleh Ny Edy Fritz Dominggus kepada Pengurus Panti. Metro7/Via