TAMIANG LAYANG — Dalam rangka memperingati HUT Republik Indonesia ke-67 Tahun 2012, malam Tanggal 15 Agustus 2012 berlangsung Pengukuhan PASKIBRA  2012. Acara dimulai Pukul 20.00 WIB di Aula Pertemuan Mantawara (Tamiang Layang).

Bupati Barito Timur Zain Alkim dalam sambutannya mengatakan bahwa PASKIBRA adalah salah satu unsur pendukung bagi suksesnya Upacara peringatan  detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-67 Tahun 2012.

“Para anggota PASKIBRA adalah pelajar-pelajar pilihan yang memegang teguh ikrar PANCA PASKIBRA. Dengan demikian, pengukuhan anggota-anggota PASKIBRA pada malam mengandung makna adanya kehormatan dan kebanggaan tersendiri sebagai anggota PASKIBRA, karena tidak semua siswa SMA sederajat punya peluang menjadi anggota PASKIBRA,” ujarnya.

Anggota  PASKIBRA Kabupaten Barito Timur ini berjumlah 73 orang. Berasal dari beberapa SMA di Kabupaten Barito Timur. Mereka ditempa dan digodok oleh tim pelatih dari TNI dan POLRI setempat untuk menjadi tim yang solid untuk terampil sebagai pasukan penggerek Sang Merah Putih yang akhirnya berhasil mereka kibarkan dengan baik pada detik-detik proklamasi di halaman kantor Bupai Barito Timur pada tanggal 17 Agustus 2012 lalu.

Pada Puncak acara, Anggota PASKIBRA mengucapkan ikrar PANCA PASKIBRA selanjutnya mencium Sang Merah Putih sebagai tanda cinta tanah air dan siap melaksanakan tugas. Pengukuhan PASKIBRA Kabupaten Barito Timur ini berlangsung selama tiga jam. Acara  ini dihadiri oleh  para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Timur. Metro7/usy