Seperti tahun-tahun sebelumnya, menjelang Idul Fitri 1433 tahun 2012 ini, jajaran Polres Balangan kembali melaksanakan Operasi Ketupat, seperti yang dilaksanakan di Kecamatan Paringin dan Batu Mandi. Kedua Pos Pengamanan (Pos Pam) di dua wilayah tersebut telah melakukan Giatnya sesuai dengan rencana belum lama tadi.
Sedangkan untuk pos pelayanan dilaksanakan di samping moshala Polres Balangan dan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelayanan terhadap masyarakat, terutama menjelang lebaran, baik untuk membantu kelancaran arus mudik atau pun melaksanakan Operasi Pasar Gabungan.
Operasi Ketupat ini dimulai sejak tanggal 11 sampai 27 Agustus 2012 yang secara keseluruhan dapat dikatakan berjalan dengan lancar. Karenanya, kegiatan ini juga dipandang sebagai kegiatan yang patut mendapat acungan jempol dari masyarakat Balangan.
“Operasi ini melibatkan semua fungsi, baik Sabhara, Sat Intel, Sat Lantas dan fungsi lainnya bahkan melibatkan langsung Kapolres Balangan AKP M Yudha Setyabudi bersama warga menjelang Idul Fitri demi mengutamakan kepentingan, keselamatan dan kenyamanan masyarakat Balangan sendiri,”  tutur Humas Polres Balangan, AKBP Binsar Marpaung.
Ditambahkannya, Operasi Ketupat merupakan operasi tahunan yang digelar jajaran Polres Balangan untuk melatih kemampuan dan kesungguhan anggota dalam membantu masyarakat, sesuai fungsinya masing–masing. Metro7/Sri