AMUNTAI – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melalui Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur`an (LPTQ) melombakan Festival Budaya Khataman Al-Qur`an se Kabupaten HSU, Rabu (5/9/2012) lalu.
Menurut Ketua LPTQ Kab HSU, Drs HM Suharyanto MSi, tujuan diadakannya festival Budaya Khatamanan Al-Qur`an ini adalah untuk membudayakan syiar-syiar agama pada khalayak, khususnya kaum muda.
“Kita sebagai Lembaga Pengembang Al-Quran berkewajiban untuk mengembangkan budaya Islam agar lebih dikenal masyarakat. Karena kota Amuntai ini dikenal sebagai Kota “Bertaqwa”, maka sudah sepatutnya kita melestarikan budaya-budaya Islam tersebut,” jelasnya.
Sebagai ciri khas kota Bertaqwa, warga Amuntai mempunyai kebiasaan belajar Al-Quran yang kemudian dilanjutkan dengan “Batamat” atau khataman Al-Qur’an.
Untuk khataman Al-Qur’an tersebut, kota Amuntai mempunyai ciri khas dalam melaksanakan ritual atau kegiatannya.
Festival ini ujarnya lagi, bertujuan agar para generasi muda terbiasa dengan budaya–budaya Islam yang sangat patut untuk dibanggakan.
“Dari setiap peserta yang tampil, di tiap kecamatan mempunyai tradisi tersendiri dalam melaksanakan khataman Al-Qur’an,” uja Suharyanto.
Salah seorang peserta, Ahmad Sayuti (36), kepada Metro7 berharap agar acara seperti ini dapat menjadi agenda tahunan, karena selain dapat melestarikan budaya Islam dalam kehidupan bermasyarakat, juga dapat membuat para remaja lebih mengenal dan memperdalam ilmu agama.
“Acara-acara seperti ini sangat bagus dilaksanakan, agar generasi muda kita dapat lebih mengenal budaya-budaya Islam yang sangat unik serta patut untuk dibanggakan,” ujarnya.
Berdasarkan informasi yang diperoleh Metro7, Festival Budaya Khataman Al-Qur’an ini diikuti sepuluh kecamatan yang ada di HSU, terdiri atas 681 orang, berikut para pendamping ustaz dan ustazah sejumlah 115 orang .
Juara dalam Festival Budaya Khataman Al-Quran ini diraih oleh perwakilan Kecamatan Sungai Pandan. Runner up diraih perwakilan Kecamatan Haur Gading dan Juara III diraih Kecamatan Amuntai Tengah.
Masing-masing memperoleh uang pembinaan sebesar Rp3,5 juta untuk Juara I, Rp2,7juta untuk Juara II sedangkan Juara III berhak mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp2 juta ditambah tropi untuk masing-masing pemenang. Metro7/Ayie