Sebuah studi yang dilakukan oleh tim peneliti dari Danish National Birth Cohort, Copenhagen, Denmark mengungkapkan bahwa mengonsumsi kacang-kacangan terutama kacang hijau setidaknya satu kali dalam seminggu selama kehamilan, membantu mengurangi risiko asma pada bayi yang dilahirkan.
Hasil penelitian tersebut berasal dari studi terhadap 61.000 perempuan hamil di Denmark. Dalam penelitian dari 2003-2008, para relawan disarankan untuk mengonsumsi kacang hijau selama kehamilan, paling tidak satu porsi dalam satu minggu.
Setelah bayi lahir hingga usia tiga tahun tim peneliti tidak menemukan gangguan pernapasan seperti asma pada bayi dari ibu yang rutin mengonsumsi kacang hjau selama rentang waktu kehamilan.
Sebagai informasi tambahan, kacang hijau memiliki kandungan lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan jantung. Selain mengurangi risiko penyumbatan darah yang bisa memicu serangan jantung, kacang hijau juga berfungsi dalam meningkatkan kesehatan pembuluh arteri. Sehingga tidak bisa dipungkiri jika kacang hijau baik untuk ibu hamil dan janinnya. (Zeenews/Dailyexpress/MI/*/metro7