Guru merupakan actor terdepan dalam membangun daerah HST, hal tersebut di ungkapkan langsung oleh Bupati HST Dr IR H Harun Nurasid saat menghadiri acara Halal Bil Halal PGRI Kecamatan Batu Benawa yang berlangsung di Aula balai Rakyat Batu Benawa. Senin, 17 September 2012.
Menurutnya, pemerintah tidak akan berhasil membangun banua tanpa peran serta dari para guru yaitu meningkatkan Sumber Daya Manusia yang berkarakter dan berkualitas.
“Peran guru sangatlah penting karena tanpa adanya guru manusia tidak akan mampu berkembang”. Jelasnya.
Selain itu, Harun juga menegaskan harus ada keseimbangan antara ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dengan iman dan takwanya (IMTAK).
“Apabila terjadi ketidakseimbangan antara keduanya maka akan terjadi banyak persoalan yang pelik. Untuk itu mari kita bersama-sama memotivasi anak didik melalui peran dari guru agar generasi penerus kita memiliki IPTEK dan IMTAK yang handal.” Tegasnya.
Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan kab HST Agung Prawono mengatakan bahwa jumlah guru khususnya guru Sekolah Dasar (SD) di kecamatan Batu benawa sudah mencukupi yaitu sebanyak 113 orang guru.
“Hal ini membuktikan bahwa penyebaran  guru di beberapa kecamatan sudah merata.” Ungkapnya.
Lebih lanjut, Agung memaparkan bahwa berkembangnya PGRI di HST karena kebersamaan yang terjalin serta adanya solidaritas dari semua anggota PGRI.
“Adanya koperasi guru juga akan lebih membantu mensejahterakan para guru.” Terangnya.
Dikatakannya, menjadi seorang guru haruslah memiliki kharisma dari dalam diri sehingga anak didiknya lebih cepat  menangkap ilmu dan pelajaran yang guru berikan.
Pada acara tersebut seperti biasa di serahkan cendera mata untuk guru yang purna tugas sebanayk 6 orang dan yang mutasi sebanyak 2 orang. (Adv Humas HST)