AMUNTAI –  Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) berharap kabupaten yang terletak dipaling Utara Kalimantan Selatan ini dapat menjadi Yogyakartanya Kalimantan Selatan.
Hal ini disampaikan langsung oleh Bupati HSU HM. Aunul Hadi dalam sambutannya saat menghadiri acara Halal bihalal yang diselenggarakan oleh Kerukunan Mahasiswa (KM) HSU yang ada di Yogyakarta beberapa waktu lalu.
“Banyak hal yang dapat dipelajari di yogyakarta, baik itu tentang pembangunan daerah maupun tentang bisnis atau wirausaha dan kerajinannya,” ujarnya.
Menurutnya Jogyakarta merupakan pusatnya pengrajin-pengrajin khas daerah yang sedikit banyaknya dapat di pelajari dan diterapkan di HSU.
Ia katakan, HSU mempunyai beberapa sentral kerajinan khas daerah yang sudah dikembangkan oleh pemerintah. Dengan adanya pengetahuan-pengetahuan dan kebisaan-kebisaan tersebut mahasiswa dapat mengembangkan di Banua tercinta ini.
Selain itu HSU juga kaya akan tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai bahan baku beberapa kerajinan tersebut seperti enceng gondok dan purun serta lupu. Bahkan selama ini pemerintah sudah sering mendatangkan instruktur-instruktur dari kota Gudeg ini yang khusus untuk berbagi pengetahuan dengan warga HSU.
Ia berharap para mahasiswa yang kuliah diluar Kalimantan agar dapat menuntut ilmu sebaik-baiknya dan tetap menjaga nama baik kabupaten HSU yang nantinya bisa kembali ke daerah untuk dapat diterapkan dan terlibat dalam pembangunan HSU yang lebih baik.
Sementara Ketua KM HSU Jogyakarta Jahidi Maulani dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretarisnya Dini Julianti mengatakan, ditahun 2012 tercatat  lebih dari 27 warga Amuntai yang telah mendaftar di perguruan-perguruan tinggi Jogjakarta yang tercatat sebagai mahasiswa.
“Tahun 2012 ini warga HSU yang kuliah di Jogyakarta lebih banyak dari tahun kemaren yang Cuma 15 orang, ini merupakan aset bagi HSU nantinya sebagai generasi penerus dalam membangun banua”ujarnya.
Acara serupa juga di adakan oleh Ikatan Pelajar dan Mahasiswa (IPMA) HSU di Kota Malang povinsi Jawa Timur.
Kedua perkumpulan mahasiswa yang sedang belajar di luar Kalimantan ini baik KM HSU Jogja mauoun IPMA HSU Malang berharap agar pemerintah kabupaten HSU tetap terus memperhatikan kesejahteraan warga HSU yang belajat diluar daerah.
“Terlebih tampuk kepemimpinan HSU yang sebentar lagi akan berganti yang kepala daerah yang baru yaitu Drs. H.Abdul Wahid HK MK M.Si dan H. Husairi Abdi. Lc,” harap mereka.
Berdasarkan data yang diperoleh oleh Metro7 dilapangan sebanyak 187 warga HSU sudah berkuliah di kota Jogja dan sebanyak 25 orang warga HSU juga sedang kuliah di Kota Malang.
Kegiatan dirangkai penyerahan bantuan dana oleh Bupati Aunul Hadi sebesar 15 juta rupiah yang diterima langsung oleh ketua Asrama Puteri Dini Julianti dan ketua IPMA HSU Malang. Metro7/Ayie