Madrid – Di tengah badai cedera yang menimpa para beknya, Real Madrid sukses meraih kemenangan atas Celta Vigo. Lini pertahanan “dadakan” Los Blancos pun mendapat pujian dari asisten pelatih Aitor Karanka.
Selepas jeda internasional lalu, Madrid kehilangan tiga pemain andalannya di lini pertahanan yakni Marcelo, Fabio Coentrao dan Alvaro Arbeloa. Yang terparah adalah Marcelo yang mendapat patah tulang metartasal dan harus istirahat selama tiga pekan.
Jadilah Madrid tak mempunyai bek sayap murni saat meladeni Celta di Jornada 8, Sabtu (20/10) malam WIB. Kondisi ini memaksa Jose Mourinho memasang gelandang bertahan Michael Essien serta bek sentral Raphael Varane di posisi tersebut.
Eksperimen itu pun berjalan sukses karena sepanjang laga gawang Iker Casillas hanya satu kali dibiarkan menerima shot on goal yakni dari sundulan Park Chu-Young. Sementara sisanya selalu kandas duluan di kaki Sergio Ramos atau Pepe.
Alhasil Madrid menang 2-0 dan masuk ke barisan empat besar klasemen, di posisi ketiga dengan 14 poin dari delapan laga berlalu. Performa lini pertahanan di laga itu pun menuai pujian dari Karanka yang menggantikan posisi Mourinho saat menjalani sesi jumpa pers usai laga.
“Seperti yang pelatih bilang usai apa yang terjadi selama sepekan ini, dia tahu betul mana pemain yang akan diturunkan,” ujar Karanka di situs resmi klub.
“Back four bermain sangat baik. Celta hanya punya satu sundulan di akhir laga dan lini pertahanan bermain sangat baik. Sergio (Ramos) tahu posisinya; Rafa (Varane) bermain baik ketika dia dipercaya main serta Pepe yang selalu tahu apa yang harus dilakukannya.”dtk