Paringin — TP PKK Balangan bersama-sama dengan BPPPA dan KB serta Dinas Sosial mempunyai program khusus lansia yang dilaksanakan setiap hari jumat pagi. Kegiatan yang dilakukan meliputi kegiatan pemeriksaan kesehatan/laboratorium sederhana, pengobatan secara gratis, penyuluhan kesehatan, ceramah/siraman rohani serta senam lansia.
Menurut Ketua TP PKK Balangan  HJ.Mardiana Sefek Effendie, kegiatan yang biasanya dilaksanakan di aula mahligai Mayang maurai Garuda muharam itu merupakan salah satu dari program yang dilakukan oleh TP PKK Balangan.
Dikatakannya, jumla peserta pada kegiatan pembinaan kelompok lansia pada tahun 2012 ini berjumlah 85 orang . Dimana di kabupaten Balangan pada tahun 2011 dari 11 Puskesmas yang ada Posyando lansia hanya 30 buah saja. Pada tahun 2012 ini  direncanakan 34 posyando dan untuk kegiatan di tingkat Puskesmas dilaksanakan 1 bulan sekali, ujarnya.
Sedangkan untuk jenis kegiatan lanjut Mardiana, ditingkat Puskesmas adalah pengobatan secara gratis, pemeriksaan kesehatan /laboratorium sederhana dan senam lansia.
“Sekarang hasilnya sudah cukup membanggakan, karena jumlah peserta di 11 Puskesmas yang ada sekarang sudah 24 .374 orang (Praosila dan Osila ) yang dilayani ada 8.630 orang (35,41%),” ujar Mardiana.
Dijelaskan, program lansia itu memiliki tujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan osila lanjut, serta meningkatkan kesadaran para usila untuk membina sendiri kesehatannya, tuturnya lagi. (Metro7/Sri)