Hal ini dapat dilihat dari luasnya lahan produktif yang terbengkalai dan belum dimanfaatkan secara optimal. Padahal pertanian masih merupakan salah satu penghasilan bagi warga desa tersebut.
Mengingat potensi yang cukup besar untuk dikembangkan, PT PAMA site TOPB dan PT TOP bekerjasama dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra dalam meyelenggarakan Pelatihan Budidaya Tanaman Sayur Dataran Rendah pada tanggal 13 – 14 Oktober 2011. Pelatihan ini di fasilitasi oleh LPB TOPPAMA.
Pelatihan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Desa Buhut Jaya, Tandas N Najan. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada pihak perusahaan yang senantiasa memperhatikan perkembangan masyarakat desa Buhut. Beliau juga berpesan agar peserta aktif mengikuti pelatihan sehingga meteri yang diperoleh dapat diaplikasikan langsung. Hadir di acara pembukaan yaitu : Pangarsa Budi Utama, staf YDBA; Rudi Y Tunjang, CSR Officer PT Pama TOPB; Amar Abdillah dan Musel, CSR Officer PT TOP; Fasilitator LPB TOPPAMA;  serta peserta pelatihan yang berjumlah 25 orang.
Materi pelatihan ini disampaikan oleh Herry, petugas PPLP Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, dan Budianto, Fasilitator LPB TOPPAMA yang sudah mendapatkan training di lembaga pertanian terpadu UKSW Salatiga selama 3 bulan. Komposisi materi yang disampaikan terdiri dari 30% teori dan 70% praktek.
Peserta antusias dengan materi yang disampaikan, karena langsung dipraktekkan ke lapangan seperti halnya pembuatan kompos cair dari kotoran kambing dan pembuatan pestisida alami. Pelatihan yang diberikan telah memenuhi harapan peserta, hal ini dapat dilihat dari CS Indeks yang diperoleh yaitu 4,3 lebih tinggi dari CS Indeks standar 4,0.
Semoga pelatihan yang diberikan bermanfaat bagi petani sehingga membuat pertanian di Desa Buhut Jaya berkembang dengan pesat. adv