Kandangan — Beberapa bulan belakangan ini, usaha Pemerintah Daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), melalui Dinas Lingkungan Hidup Tata Kota dan Perdesaan Kabupaten semakin menggiatkan kebersihan di wilayah lingkungan kota. Pasalnya, target yang ingin dicapai adalah untuk mendapatkan Tropy Adipura tahun 2013 mendatang.
Dalam mewujudkan program tersebut, Dinas LH juga mengajak Instansi vertikal yang ada di HSS untuk bisa menjaga kebersihan yang ada dilingkungan dan rumah tempat berdomisili. Ajakan yang disampaikan Dinas LH tersebut bersambut, oleh Badan Umum Layanan Negara ( BUMN) dan Badan Layanan Umum Daerah (BUMD) serta pihak Perbankan yang ada di kabupaten.
Buktinya, instansi-instansi tersebut memberikan puluhan buah bak sampah pilah. Penyerahan alat bantu kebersihan tersebut, juga  diserahkan langsung oleh para pimpinan masing-masing kepada pemerintah daerah. Seperti pihak cabang Bank Kalimantan Selatan, BRI, BNI Jasa Raharja dan lainnya.
Bantuan-bantuan tersebut, sudah di tempatkan dibeberapa tempat, seperti pasar, jalan dan pertokoan yang ada di kabupaten. Usaha dan bantuan tersebut ternyata sangat bermanfaat dan berguna. Buktinya, masyarakat setempat yang ingin membuang sampah tinggal melempar ke dalam tong yang sudah disiapkan.
Kepala Dinas LH Tata Kota dan Perdesaan Drs H Anang Askhfihani mengatakan, bantuan tong sampah yang diberikan oleh pihak swasta tersebut, adalah bagian dari menyukseskan program kebersihan yang digagas oleh bupati dalam rangka untuk meriah piala Adipura tahun 2013.
Selain itu, bantuan tersebut juga untuk mengajak semua Instansi vertikal lainnya yang ada di HSS, agar bisa memberikan dukungan serupa. Sehingga program kebersihan yang dijalankan dapat saling bersinergis satu dengan lainnya.
” Program kebersihan yang kita laksanakan ini berkelanjutan. Sehingga, pada saatnya nanti Kabupaten HSS bisa bebas dari sampah,” ujar Anang. Menurut Anang, saat ini pemerintah Kabupaten HSS sudah bertekad meningkatkan kebersihan yang ada di kabupaten.
Dengan harapan pada suatu saat nanti, Kandangan bisa menjadi bersih dan hijau. Ditempat yang sama Sekretaris Daerah Drs Achmad Fikry, atas nama  pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada semua instansi yang telah membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan kebersihan dilingkungan HSS. (metro7/skd)