H Muksin Mashur
Ketua Kpu Kabupaten Bartim
TAMIANG LAYANG – Dua pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bartim telah mengambil formulir pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bartim. Kedua pasangan itu akan mencalon melalui jalur perorangan atau independen.
Ketua KPU Kabupaten Bartim H Muksin Mashur kepada Metro7 mengungkapkan, kedua pasangan yang telah mengambil formulir pendaftaran itu adalah H Cilikman Jakri SPd MPA-Wasriadi dan Erjo Unja-Mulyono. “Ada dua pasangan bakal calon dari jalur perorangan telah mengambil formulir pendaftaran. Yakni pasangan H Cilikman Jakri-Wasriadi dan Erjo Unja-Mulyono. Mereka ada yang mengambil langsung, ada pula melalui tim suksesnya,” kata Muksin.
Selanjutnya, papar Muksin, akan diminta data dukungan dari pasangan yang mendaftar melalui jalur perorangan tersebut. Data itu berupa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan tandatangan pendukung. Batas waktu untuk memasukan data dukungan itu pada 6-10 Desember 2012.
Selanjutnya KPU bersama dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan bekerja melakukan verifikasi terhadap data dukungan tersebut. “Siapa tahu ada pendukung yang meninggal dunia, pindah tempat tinggal, dan lain sebagainya yang dapat mempengaruhi data dukungan itu. Makanya akan dilakukan verifikasi oleh KPU hingga PPK dan PPS di desa,” papar Muksin.
Dijelaskan Muksin, dukungan yang harus mengalir kepada masing-masing pasangan bakal calon dari jalur independen itu 6,5 persen dari jumlah penduduk.  Saat ini jumlah penduduk Bartim sekitar 130 ribuan. “Dukungan itu kurang lebih 8.614 orang kepada masing-masing pasangan bakal calon,” terang Muksin.
Usai melakukan verifikasi data dukungan, pada 2-8 Januari 2013, KPU akan membuka pendaftaran bagi bakal calon yang lolos data dukungan itu. Hal ini juga dilakukan terhadap bakal calon yang diusung oleh partai politik.
Untuk bakal calon dari parpol ini, formulir pendaftaran dapat diambil pada 30-31 Desember 2013. Pemilukada untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Bartim periode 2013-2018 dilaksanakan pada 4 April 2013 nanti. KPU Kabupaten Bartim sedang menyiapkan pesta demokrasi rakyat Bartim itu agar terselenggara sukses dan aman. (Metro7/M.Jaya)