PT Pamapersada Nusantara (PAMA) sebagai salah satu perusahaan yang peduli dengan program CSR memasukkan sektor pendidikan di salah satu pilar program CSR-nya.
 Bekerjasama dengan PT United Tractors (UT), Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR), Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Kutai Barat, PAMA mengadakan pembinaan untuk 5 sekolah di Kabupaten Kutai Barat, yaitu SDN 002 Jengan Danum, SDN 001 Dilang Puti, SDN 002 Dilang Puti, SMPN 6 Sendawar dan SMPN 16 Sendawar.
Kegiatan ini ditandai dengan penandatangan MoU antara PAMA yang diwakili oleh Bp. Dede Andarso selaku HCGS Div. Head, UT diwakili oleh Bp. Edhi Sarwono selaku Direktur Human Capital dan ESR, YPA-MDR yang diwakili oleh ibu Yusnani Tjandrawti dan Ibu Endang Indriati selaku Ketua dan Bendahara serta Pemkab Kutai Barat di wakili oleh Bp. H. Didik Effendi, S.Sos, selaku Wakil Bupati.
Kegiatan pembinaan  ini akan berlangsung selama 4 tahun. Adapun program yang akan dilaksanakan meliputi:
1. Program Akademis
2. Program Life Skill
3. Program Pendidikan Nilai
4. Program Pendukung berupa Try Out, Rapat Kerja dan Pembinaan Unit Kegiatan Sekolah serta
5. Monitoring Program.
Setelah penandatangan MoU, kegiatan dilanjutkan dengan Pelatihan Akademis yang diikuti oleh 68 peserta yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru dan Staf Tata Usaha. Kegiatan ini berlangsung selam 4 hari, dari tanggal 13–16 Juli 2011. Narasumber pelatihan berasal dari Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga.
Pelatihan ini lebih dititikberatkan kepada manajemen berbasis sekolah sehingga diharapkan tiap sekolah dapat membuat struktur organisasi sekolah lengkap dengan rincian tugas masing–masing serta RKS (Rencana Kegiatan Sekolah) dan RKAS (Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah) yang sesuai dengan kebutuhan sekolah.Pendidikan merupakan soko guru kemajuan bagi kemajuan suatu bangsa. Tanpa dunia pendidikan mustahil suatu bangsa akan maju dan berkembang.