Suasana acara Sosialisasi P4K, ASI Ekslusif dan MP-ASI bertempat di Gedung PKK kab HST, Jum’at (30/11). (foto;ist)
Barabai — Tim Penggerak PKK Kabupaten HST bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kab HST menggelar acara Sosialisasi P4K, ASI Ekslusif dan MP-ASI bertempat di Gedung PKK kab HST, Jum’at (30/11), sekitar pukul 09.00 WITA.
 Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran TP PKK Kab HST, PKK kecamatan dan desa, dari Dinas Kesehatan HST dan undangan lainnya.
 Muhammad Husni dari Dinas Kesehatan selaku ketua panitia pelaksana dalam laporannya menyampaikan, bahwa  kegiatan ini bertujuan untuk dapat  dilaksanakan deteksi dini pada factor resiko kehamilan dan semua pihak berperan serta mencegah terjadinya komplikasi kehamilan.
 “Hal ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan ASI Ekslusif bayi 0-6 bulan, pendistribusian MP-ASI diharapkan tepat sasaran serta menambah kemampuan  kader dalam memotivasi keluarga untuk melaksanakan ASI ekslusif,” katanya.
 Ketua TP PKK Kab HST Hj Tintainah Harun Nurasid  dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan wakil ketua IV PKK HST Hj Fahriah Yuserani menyampaikan kegiatan P4K, ASI ekslusif dan MP AIS merupakan program pemerintah dibidang kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan ibu dan bayi.
 “Kegiatan ini sangatlah penting karena banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh ibu-ibu dengan adanya perencanaan persalinan ini maka pencegahan terhadap kematian ibu dan bayi bisa di lakukan secara dini,” katanya.
 Lebih lanjut Fahriah menuturkan salah satu pengetahuan dan modal dasar yang sangat penting adalah pemahaman mengenai pemberian ASI, pengganti ASI, dan Makanan Pendamping ASI.
 “ASI adalah yang terbaik, menyusui adalah cara alamiah untuk memberikan kebutuhan makanan kepada bayi Baru lahir dalam beberapa aspek, ASI mudah diceran oleh Bayi, yang mengandung antibody untuk melindungi bayi terhadap infeksi dan alergi,” terangnya lagi.
 Selain itu, diharapkan kepada semua peserta agar kegiatan sosialisasi ini dapat menyamakan persepsi kita, memberikan kesehtan bagi ibu dan bayi  dan kesamaan aksi dalam mensukseskan penyelenggaraan P4K, ASI Ekslusif dan MP ASI.
 “Saya berharap kepada semua peserta agar menyimak sosialisasi ini, sehingga hasilnya bisa dibawa ke tengah masyarakat, ” harapnya. (metro7/advhumashst)