Barabai–Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia ( DPD KNPI) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) bertekad mencetak wirausahawan di daerah ini. Hal itu tercetus melalui Rapat Kerja Pemuda I Kabupaten HST yang dilaksanakan di Hotel Fuspa Barabai, Kamis (17/1) tadi.
Ketua DPD KNPI HST Hj Suryatin Hidayah dalam sambutannya mengungkapkan, raker kali ini mengangkat tema Revitalisasi  Peran dan Kiprah KNPI untuk HST yang Semakin Mandiri, Unggul, dan Istiqamah untuk mempertegas dan mempertajam peran dan kiprah KNPI sebagai organisasi yang benar sejalan dengan dinamika generasi muda dan perubahan masyarakat serta selaras dengan visi pembangunan daerah.
“Kami ingin menjadikan organisasi ini benar-benar mewadahi kreatifitas pemuda di Kabupaten Hulu Sungai Tengah dengan mengedepankan  program kemandirian dan kewirausahaan sehingga keberadaan KNPI dapat dirasakan kemanfaatannya di tengah-tengah masyarakat umumnya dan kepemudaaan khususnya,” katanya.
Sementara Bupati HST Dr Ir H Harun Nurasid MM MT sebelum membuka secara resmi raker ini dalam sambutannya mengatakan, perjuangan para pemuda sepertinya tidak pernah padam.  Secara sosiologis pemuda merupakan bagian dari masyarakat yang memiliki sifat progresif, kritis, idealis, dan selalu gelisah ketika melihat jalan kehidupan masyarakat atau lingkungannya tidak ideal.
“Hal inilah yang menjadi tungku semangat perjuangan pemuda. Kegalauan anak aneksistensi perjuangannya untuk rakyat telah memunculkan banyak pemuda yang menghimpunkan diri dalam organisasi kepemudaan, melalui organisasi-organisasi kepemudaan inilah mereka memosisikan dirinya sebagai sparing partner pemerintah, mengontrol kebijakan-kebijakan dan pembentukan SDM bangsa agar lebih berkualitas,” kata Harun
Dengan bergabungnya OKP dalam satu wadah, tambahnya, telah mendatangkan banyak harapan. KNPI sebagai salah satu OKP terbesar di Indonesia ini akan dapat memainkan peran strategis dalam memperjuangkan pemberdayaan pemuda dan mengusung kemajuan bangsa. “Sudah saatnya KNPI melakukan revitalisasi organisasi dan reorientasi peran dan kegiatan yang sejalan dengan dinamika generasi muda dan perubahan masyarakat serta selaras dengan visi awal kita yaitu agar Bumi Murakata yang semakin maju, sejahtera, unggul, dan istiqamah,” pungkasnya.
Raker I KNPI Kabupaten HST ini dihadiri oleh 200 orang peserta. Kegiatan ini diselenggarakan  berdasarkan ketentuan AD/ART  KNPI yang merupakan media dalam pengembilan keputusan terhadap masalah-masalah yang merupakan arah kebijakan organisasi sehingga diharapkan hasil rapat kerja ini dijadikan acuan dalam pelaksanaan program dan kegiatan DPD KNPI HST untuk satu tahun kegiatan.
Pembukaan Raker KNPI ini juga dihadiri oleh Ketua TP PKK kabupaten HST Hj Tintainah Harun Nurasid, Asisten Bidang Pemerintahan H Hadriansyah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten HST H Agung Parnowo, pengurus TP PKK HST, pengurus KNPI HST dan seluruh undangan lainnya. AdvHumHST