• Undang Pakar dari Luar Daerah

Tamiang Layang,–Sesuai jadwal, tanggal 14 Pebruari 2013 nanti KPUD Barito Timur (Bartim) akan menetapkan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati yang berhak mengikuti Pemilukada. Empat hari setelah penetapan, tanggal 18 Pebruari visi dan misi pembangunan para calon akan diuji melalui debat publik.
Ketua KPUD Kabupaten Bartim, H Muksin Mashur mengatakan, pasangan calon akan diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi dan misi di hadapan publik yang akan memuat program-program unggulan jika terpilih pada Pemilukada mendatang.
“Tidak hanya publik yang akan menguji program itu, pasangan calon lain pun diberikan waktu untuk menanyakannya dan beradu argumentasi tentang program rencana pembangunan lima tahun ke depan,” kata Muksin, baru-baru tadi.
Para pengujinya bersifat netral dan KPUD berencana mengundang sejumlah pakar dari berbagai displin ilmu untuk membedah visi misi para calon. Meski belum menyebutkan nama, namum ia menegaskan bahwa para pakar itu berasal dari perguruan tinggi di laur daerah.
“Visi dan misi pasangan calon sangat penting untuk diketahui publik. Sebab, program dari calon itu akan menjadi salah satu penilaian masyarakat untuk memberikan hak suaranya pada Pemilukada yang diselenggarakan 4 April 2013,” ucap Muksin.
Muksin mengharapkan, dengan mengetahui program dari pasangan calon ini melalui debat publik, dapat menekan angka Golput pada Pemilukada nanti. “Artinya, masyarakat akan datang ke tempat-tempat pemungutan suara untuk memilih pasangan calon mereka yang terbaik dan memperhatikan mereka,” ucapnya. Metro7/MJ