• Pilar Utama Pembangunan Kabupaten Balangan
Paringin–Selama masa kepemimpinannya, ada tiga pilar pembangunan yang dilaksanakan oleh Bupati Balangan Ir H Sefek Effendie ME bersama wakilnya Drs H Ansharuddin. Tiga pilar pembangunan tersebut adalah meningkatkan infrastruktur berupa jalan dan jembatan, meningkatkan ekonomi kerakyatan yang meliputi pertanian dan UMKM, serta meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan dan kesehatan.
Sebelumnya pasangan Sefek-Anshar menempatkan peningkatan infrastruktur sebagai pilar utama pembangunan. Setelah jalan dan jembatan dirasakan sudah cukup memadai, fokus perhatian kini dialihkan pada pembangunan ekonomi kerakyatan.
”Sekarang terbalik, dulu infrastruktur jadi yang utama, namun sekarang meningkatkan ekonomi kerakyatan yang meliputi pertanian dan UMKM,” ujar Sefek dalam suatu kesempatan .
Namun, kata Sefek, untuk merealisasikan peningkatkan ekonomi masyarakat, pembangunan sarana infrastruktur seperti perbaikan jalan dan jembatan tidak bisa diabaikan. Dengan terbukanya sarana jalan yang memadai diyakini akan berpengaruh signifikan pada peningkatan kondisi perekonomian di masyarakat.
Program pembangunan yang didasarkan pada ketentuan pemerintahan serta aspirasi masyarakat, diharapkan mampu mencapai hasil optimal dari tujuan pembangunan tersebut. Untuk itu segala bentuk program pembangunan dilakukan dengan cara bertahap.
Hanya saja, peningkatan sarana fisik seperti jalan, perkantoran dan fasilitas umum lainnya yang  diprioritaskan oleh Pemerintah Kabupaten Balangan diakuinya masih dinilai belum maksimal. Sebagian masyarakat boleh merasa senang atas perbaikan jalan di desanya. Akan tetapi masih banyak daerah lain yang belum disentuh perbaikan secara maksimal. “Infrastruktur berupa jalan dan jembatan tak bisa dikesampingkan, demi mobilitas keseharian masyarakat. Karena infrastruktur yang buruk akan sangat berpengaruh dan mengganggu kegiatan masyarakat,” pungkasnya. Metro7/Sri