Barabai — Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menyerahkan KTP elektronik (e-KTP) secara simbolis kepada masyarakat. Penyerahan dilakukan Aula Kantor Kecamatan Barabai yang diterima oleh para lurah dan kepala desa dengan disaksikan oleh camat se Kabupaten HST, Kamis (7/2) tadi.

Menurut Camat Barabai, Nuriyono, e-KTP merupakan salah satu program strategis nasional di bidang administrasi kependudukan yang pelaksanaannya harus disukseskan. Tujuannya untuk pemutakhiran data kependudukan di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten HST.
“Dengan adanya program e-KTP, kedepan diharapkan tidak ada lagi identitas ganda yang sebelumnya marak terjadi,” katanya
Nuriyono juga menuturkan, pelaksanaan Program E-KTP telah dilaksanakan dengan beberapa tahapan. Dimulai dengan Pemutahiran Data Penduduk, Pemberian Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta Perekaman KTP Elektronik yang dilaksanakan di sebelas kecamatan di wilayah Kabupaten HST.
“Dengan terlaksananya program e-KTP, maka masyarakat telah membantu pemerintah daerah dalam mensukseskan pemutakhiran data,” terangnya.
Selain itu, dijelaskannya bahwa jumlah e-KTP yang datang di kecamatan Barabai berjumlah 31.296 dari 33.125 jumlah yang terekam dimana pembagian e-KTP akan dilakukan setelah proses verifikasi. “Hal ini untuk mengetahui keakuratan data e-KTP,” ungkapnya.
Kemudian Nuriyono menegaskan kepada para lurah dan kepala desa agar membagikan e-KTP ini benar-benar kepada pemiliknya serta dalam pengambilannya masyarakat tidak dikenakan biaya. “Pembagian e-KTP tidak dikenakan biaya kepada masyarakat,” pungkasnya. AdvHumHST