• Satu Pasangan Gugur karena Kurang Dukungan
Tamiang Layang — Setelah melakukan proses verifikasi terhadap berkas dan persyaratan bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati  Bartim, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan enam pasangan memenuhi syarat sebagai calon. Keenam pasangan ini yang menjadi kontestan Pemilukada 4 April nanti.
  Sesuai dengan pengumuman KPU Kabupaten Bartim nomor  15/KPU-BT/020.435/900/II/2013 tertanggal 14 Februari 2013 yang ditandatangani Ketua KPU Bartim DRs H Muksin Mashur, menetapkan nama pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bartim berdasarkan hasil verifikasi dan klarifikasi syarat yang diajukan balon. Dari tujuh balon yang mendaftar, ditetapkan hanya enam pasangan yang maju menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati Bartim. Sedangkan satu pasangan balon tidak memenuhi syarat.
Keenam pasangan itu adalah Ir Hap Baperdo MM-H Rusli SPd yang diusung oleh tiga parpol yakni PKB, PKPI, dan Partai Merdeka. Kemudian pasangan Ir Yuren MM-H Yusran Fauzi SAg yang diusung oleh PDIP. Pasangan ketiga Ampera  AY Mebas SE-H Suyiansyah usungan dari Pakar Pangan dan PKPB, Drs Muhammad Yamin-Rini oleh Partai Golkar, Hanura, dan Partai Demokrat.
Pasangan Pancani Gandrung SH MSi-Drs H Zain Alkim oleh 13 parpol yakni PAN, PPP, PBB, PKDI, Partai Kedaulatan, PBR, PNI Marhainisme, PPI, PPPI, Gerindra, Partai Buruh, PDP, dan PNBKI. Sedangkan bakal calon dari jalur perorangan atau independen yang dinyatakan memenuhi syarat adalah pasangan Cilikman Jakri SPd-Ir Wasriadi SP MM.
Sedangkan pasangan Erjo-Mulyono yang mendaftar melalui jalur perorangan gagal karena dinyatakan tidak memenuhi syarat, yakni jumlah dukungan dari warga. “Ada enam pasangan calon yang memenuhi syarat dan satu yang tidak memenuhi syarat yakni Erjo-Mulyono karena dukungan yang kurang,” kata Anggota KPU Kabupaten Bartim Wayan S Putra SPd. Hari Jumat (15/2), KPU akan melakukan pencabutan nomor kontestan Pemilukada keenam pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bartim tersebut. Gedung Mantawara Tamiang Layang akan menjadi tempat pencabutan nomor urut calon. (Metro7/M Jaya)