Kandangan — Setelah beberapa kali melakukan pertemuan, pengelola dan para pedagang Pasar Losbatu Kandangan akhirnya menemukan berbagai kesepakatan. Pertemuan yang memakan waktu hampir tiga jam tersebut, dilakukan di Aula Rakat Mufakat Kabupaten, dimana para pedagang diwakili oleh delapan orang, sedangkan pengelola pasar dipimpin langsung oleh Drs Evran didampingi oleh pimpinan PT PLN Ranting Kandangan Wardana.
Dalam pertemuan tersebut, dipastikan para pedagang yang sudah memiliki meter listrik, ketika dilakukan pemasangan tidak akan dipungut pembayaran lagi. Sedangkan voltase yang semula 450 dipasang PLN, juga akan dikembalikan menjadi 900. Sehingga semua yang dimiliki pedagang akan dikembalikan seperti semula. Hanya saja yang saat ini menjadi pembicaraan dan kesepakatan adalah masalah pembayaran yang nantinya akan dilakukan oleh pihak ketiga. Dimana pihak ketiga tersebut akan melakukan tugasnya sesuai dengan kesepakatan yang sudah dibicarakan bersama pedagang dan pengelola pasar.
“Semua masalah pembayaran listrik sudah kita bicarakan, terkait dengan adanya pemasangan baru bagi yang sudah memiliki tidak kita pungut lagi,” ujar Evran.
Ia juga mengatakan berbagai permasalahan yang ada di pasar seperti sampah, keamanan dan lainnya juga sudah dibicarakan. Sehingga kedepanya tinggal dilakukan pekerjaanya sesuai dengan hasil yang sudah disepakati. “Mudahan tidak ada lagi permasalahan, karena semuanya kita bicarakan bersama pedagang,” ujar Evran lagi di tengah-tengah para pedagang.
Pernyataan Evran juga diamini oleh Safriannor, wakil para pedagang, terkait dengan masalah listrik. “Pembicaraan sudah sampai pada titik klimaks dan kita menemukan solusi secara bersama.
Sehingga, pengelola dan pedagang sama-sama tidak dirugikan,” ujar Safriannor. Masih menurut anak pedagang emas ini, pembicaraan yang masih menjadi masalah adalah kebersihan dan keamanan pasar. Jika ini sudah selesai dibahas dengan baik, maka nantinya pedagang dan pengelola pasar bisa bekerjasama untuk memajukan Kabupaten HSS. (Metro7/dk)