Rantau — Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) ternyata tidak hanya berguna untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur, namun juga dapat meningkatkan kemampuan sumber daya manusia.
Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Camat Tapin Tengah Drs H Darmansyah MM saat membuka bimbingan dan pelatihan teknis PNPM-MP yang diikuti oleh 34 orang kader di wilayah tersebut.
“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pembangunan di pedesaan, caranya dengan  memberdayakan warga masyarakatnya. Kegiatan yang telah banyak menghasilkan dan bermanfaat bagi warga masyarakat di pedesaan, memang tidak semata hanya bertujuan meningkatkan infrastruktur pedesaan, namun pengaruh positif yakni menambah pengetahuan bagi masyarakatnya,” ujar Darmansyah.
Disebutkannya, sebelum melakukan kegiatan program PNPM di lapangan, semua pelaku yang terlibat di dalamnya  dibekali pelatihan teknis. Sebagai tahap awal melakukan  program PNPM diberikan pelatihan kepada para pelaku PNPM di pedesaan.
Dibeberkan Darmansyah, untuk pembangunan sarana dan prasarana PNPM di Kecamatan Tapin Tengah tahun ini dilaksanakan di 5 desa, yakni  Desa Mandurian Hilir  untuk pembangunan gedung TK. Di Desa Kepayang dibangun Jalan Tani, Desa Batang Lantik dibangun jembatan, Desa Sei Bahalang pembangunan Posyandu dan Desa Labung untuk pembangunan Jalan Tani.
Pelatihan ini kata Darmasyah, dilaksanakan selama 3 hari, dari tanggal 21 hingga hari ini, 23 Februari 2013. Dan yang menjadi narasumbernya adalah Fasilitator Kegiatan PNPM Tapin Tengah.
Darmansyah juga mengingatkan agar para pelaksana PNPM dapat melakukan tugas dengan sebaik-baiknya,  sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari setelah kegiatan selesai. Soalnya pertanggungjawabannya tidak hanya kepada pemerintah daerah saja, tapi juga ke pemerintah pusat selaku pemberi dana PNPM. Metro7/