Rantau — Sebanyak 72 orang pelajar di Kabupaten Tapin, baru-baru tadi, mengikuti seleksi Olimpiade Sains (Matematika) dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Nasional Tingkat SD yang digelar di SDN Rantau Kanan 1.
Menurut Kabid Pendidikan Dasar pada Kantor Dinas Pendidikan Tapin H Mahlan, murid-murid Sekolah Dasar yang mengikuti Olimpiade Sains dan IPA ini merupakan hasil dari seleksi di tingkat kecamatan. Masing-masing kecamatan di Tapin mengirimkan tiga orang perwakilannya untuk mata pelajaran Matematika dan tiga orang untuk mengikuti mata pelajaran IPA.
“Jadi satu kecamatan mengirimkan enam orang muridnya, dengan nilai rata-rata minimal 7,5 per mata pelajaran,” ujar Mahlan.
Dibeberkan Mahlan, yang mengikuti seleksi Olimpiade ini adalah murid yang duduk di kelas IV dan V. Kegiatan ini merupakan program nasional yang digelar setiap tahunnya untuk memotivasi anak-anak didik khusus untuk mata pelajaran IPA dan matematika. Selain itu ada juga Olimpiade Olahraga Siswa.
Berdasarkan hasil yang diujikan untuk mata pelajaran Matematika, juara terbaik 1 diraih oleh SDN Rumintin 2 atas nama Muhammad Lintang, terbaik 2 SDN Rantau Kanan 1 oleh M Mujalis Al Ansar, terbaik III SDN Rantau Kanan 3 atas nama M Rizky Ramadhani Noor.
Sedangkan untuk mata Pelajaran IPA, juara terbaik I diraih oleh Benjerin U dari SDN Tambarangan 1, terbaik kedua oleh Zaria Khafifah dari SDN A Yani Pura dan terbaik ketiga disabet oleh Siti Zaleha dari SDN Rantau Kanan 3.
“Nah para peraih juara terbaik satu hingga ketiga ini nantinya akan kita ikutsertakan dalam lomba yang sama di tingkat Propinsi Kalimantan Selatan yang akan digelar pada pada tanggal 17 April 2013 mendatang,” ujar Mahlan.