Tanjung — PT Pertamina UBEP Tanjung kembali membuktikan komitmennya untuk menanam 1000 di sekitar lokasi sumur migasnya.
Jum’at (15/3) tadi PT Pertamina bekerja sama dengan Kodim 1008 Tanjung melakukan penanaman pohon Mahoni di Limau Manis Desa Tanta Hulu Kecamatan Tanta.
Field Manager PT Pertamina UBEP Tanjung Damar Aryo Sutrisno menjelaskan kegiatan penanaman pohon seperti ini sudah sering dilaksanakan bekerjasama dengan  jajaran Kodim 1008 Tanjung. “Kerjasama Pertamina dengan Kodim karena prinsip di negara kita ABRI itu menyatu dengan rakyat yang merupakan atensi dalam Hankamrata sebagai inti penggerak di dalam masyarakat adalah aparat baik TNI maupun Polri,” jelas Damar Aryo Sutrisno.
Ia menambahkan komitmen PT Pertamina dalam setiap satu lokasi pengeboran akan menanam 1000 pohon baik jenis pohon tanaman hutan maupun jenis pohon buah-buahan. “Kalau masyarakat menginginkan bisa saja memesan bibit tanaman kepada PT Pertamina melalui kelompok masyarakat atau aparat desa dalam hal untuk mendukung program lingkungan hidup. Jenis tanaman Mahoni maupun Trambesi lebih diutamakan dalam program penanaman pohon oleh PT Pertamina mengingat tanaman ini CO2-nya sangat besar sekali. Akan tetapi kalau untuk di lokasi-lokasi perumahan bisa ditanam pohon buah-buahan seperti mangga, rambutan dan lain-lainnya,” ungkapnya.
Damar berharap dengan penanaman pohon yang dilakukan Pertamina hendaknya dapat dijadikan contoh oleh masyarakat agar sama-sama bisa bergerak dan peduli ikut mendukung program penanaman satu milyar pohon yang telah dicanangkan oleh pemerintah pusat.
Wakil Bupati Tabalong H Muchlis SH dalam sambutannya atas nama pemerintah daerah menyambut baik dan mendukung pelaksanaan program penanaman 1000 pohon PT Pertamina dan Kodim 1008 Tanjung. Menurutnya hal ini sangat selaras sekaligus berkorelasi dengan program yang tengah dijalankan oleh pemerintah agar pelestarian alam tetap terus terjaga. “Sehingga bisa jadi jaminan bagi kelangsungan hidup bagi semua makhluk di muka bumi,” katanya.
Acara ini juga dihadiri oleh Dandim 1008 Tanjung Letkol (Inf) Bambang Herqutanto, Kapolres Tabalong AKBP Didik Sudaryanto SH MH, Camat Tanta  Drs Sailendra Eka Putra MSi, serta tokoh masyarakat setempat, Metro7/Via