AMPERA AY Mebas SE adalah seorang pengusaha sukses sekaligus politikus handal di Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan. Putra Yohanes Mebas, tokoh Dayak Maanyan Kabupaten Tabalong, ini sukses menjalankan bisnis usahanya melalui perusahaan CV SE-IA dan CV SE-KATA.
Ayah empat orang anak dari perkawinannya dengan Munita Mustika Dewi SE ini menjabat Direktur CV SE-IA sejak tahun 1990 dan Wakil Direktur CV SE-KATA sejak tahun 1990 sampai sekarang. Selain itu, sejak tahun 1997 ia juga menjadi Direktur PT Barito Utama Sakti dan sejak tahun 2006 juga menjadi Direktur PT Barito Sakti Utama.
Semua perusahaan yang dipimpinnya itu bergerak di bidang perminyakan dan gas melalui kerjasama dengan PT Pertamina (Persero). Bahkan sejak tahun 1992 ia tercatat sebagai pimpinan SPBU 64.715.01 yang berada di Kelurahan Mabuun Kecamatan Murung Pudak Kabupaten Tabalong.
Kesuksesan pria kelahiran Tanjung 03 Agustus 1967 ini dalam menjalankan bisnis rupanya menular di bidang politik. Hal itu dibuktikan dengan kesuksesannya menjadi anggota DPRD Tabalong selama dua periode melalui Partai Karya Peduli Bangsa.
Riwayat pendidikan, Ampera AY Mebas lulus SDN Kamboja pada tahun 1980. Kemudian SMPN 2 Tanjung pada tahun tahun 1983 dan SMAN Tanjung tahun 1986. Gelar Sarjana Ekonomi didapatkannya di STIE Banjarmasin pada tahun 1997.
Baginya, suatu pekerjaan atau bisnis tidak akan terlaksana dengan baik jika tidak dibekali dengan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu ia tidak mengenal kata lelah dalam menuntut ilmu, karena dengan ilmu pengetahuan itulah yang akan menjadi bekal untuk membangun suatu daerah.***