Rantau — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kabupaten Tapin tahun 2013 ini mendapatkan bantuan logistik kedaruratan dari pemerintah pusat. Jumlahnya tidak tanggung-tanggung, mencapai Rp803 juta lebih.
Hal itu dibeberkan oleh Kepala BNPB Tapin Ir Nordin MS yang didampingi Sekretarisnya Tajudin Noor SSos, baru-baru tadi. “Penyerahan bantuan tersebut kami terima tanggal 16 Maret 2013 tadi dan sekarang seluruh barangnya kami simpan di kantor kami,” ujar Nordin.
Dibeberkan Nordin, bantuan tersebut berupa 1 unit perahu karet merk sillinger, 1 unit water treatmen merk varem, honda TP 3800 R, 2 buah tenda pengungsi, 1 buah tenda posko, 1 unit mesin perahu merk parson, 12 unit tenda keluarga, 25 unit velbed, 2 unit handy talky ICOM, 1 RIG ICOM, 1 unit SSB, 1 unit genset, 1 buah senter HID merk Polarion 40 W, 5 unit solar lamp merk Elsol.
Ditambahkan Tajudin, untuk water treatmen pihaknya sudah pernah melihat demo pemakaiannya secara langsung di Jakarta. Dimana air yang kotor dan berwarna coklat setelah diproses di alat ini langsung bersih dan bisa diminum langsung.
“Saya melihat sendiri, orang bule yang mencoba alat ini langsung meminum air tersebut usai diproses. Artinya,air yang sudah diproses memang layak minum,” kata Tajudin.
Disebutkan Tajudin, biasanya bantuan ini sangat dibutuhkan pada korban banjir yang sangat membutuhkan air bersih yang siap untuk dikonsumsi bagi para pengungsi. “Tapi water treatmen ini bisa saja dipergunakan untuk kebutuhan lainnya bagi para korban bencana yang membutuhkannya,” kata Tajudin lagi. (Metro7/fit)