Tamiang Layang — SMAN 1 Tamiang Layang hanya mematok target kelulusan sebesar 95 persen pada Ujian Nasional (UN) yang digelar pada 15-18 April nanti.
“Kami menargetkan 95 persen lulus sudah bagus. Ini sangat realistis dengan keadaan yang ada,’’ kata Kepala SMAN 1 Tamiang Layang, Khairul Anam SPd, baru-baru tadi.
Berdasarkan hasil try out atau ujicoba UN belum lama tadi, hasilnya kurang memuaskan.
Pada try out pertama yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, tingkat kelulusan siswa SMAN 1 Tamang Layang sangat rendah, hanya 0,2 persen. Sementara pada try out kedua yang diselenggarakan oleh sekolah, jumlah siswa yang lulus mengalami kenaikan yakni 60 persen dari 152 siswa kelas tiga. “Berdasarkan hasil dua kali try out itu, wajar jika kami hanya mematok 95 persen tingkat kelulusan pada UN nanti,” terang Anam.
Namun demikian, tingkat kelulusan 100 persen menjadi harapan pihak sekolah. “Kami berharap semua siswa atau 100 persen lulus. Makanya, jika kelulusan melebihi target, kami bersyukur,” imbuh Anam.
 Anam membeberkan, penyebab lemahnya hasil try out Ujian Nasional. Siswa yang mengikutinya mudah terjebak dengan beberapa alternatif jawaban. Sebab, semua jawaban mirip namun ada sisi bedanya.
Jelang UN yang tinggal beberapa hari lagi, kepala sekolah dan guru SMAN 1 Tamiang Layang terus memotivasi siswanya agar konsentrasi belajar. Bahkan upaya lain untuk dapat meluluskan semua siswa, dilakukan dengan menambah jam belajar atau les. (Metro7/MJaya)