Tanjung — Polres Tabalong berencana mengaktifkan kembali Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM). Rencana itu sebagai tindak lanjut dari peningkatan masalah sosial yang terjadi di masyarakat akhir-akhir ini.
Kabupaten Tabalong memiliki 131 FKPM. Lembaga ini diharapkan dapat bersinergi dengan program kamtibmas hingga menciptakan ketentraman dan rasa tenang di masyarakat.
Pertemuan Ketua FKPM dengan jajaran Polres Tabalong berlangsung di Aula Praja Utama, Senin (29/4) tadi. Kegiatan tersebut diisi penyampaian laporan masing masing Ketua FKPM se Kabupaten Tabalong tentang konflik sosial serta potensinya terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara juga diisi dengan penyampaian materi hukum dengan narasumber para perwira Polres Tabalong>
Kapolres Tabalong mengatakan berharap kegiatan ini merupakan kunci membangun kemitraan dan penyelesaikan masalah yang ada di masyarakat.
“Kalau kegiatan kemitraan berjalan baik pihak kepolisian hanya menjadi mediator dan fasilitator dalam setiap penyelesaian perkara di forum masyarakat, atas terbentuknya forum kemitraan pihak Polres Tabalong akan memberi penilaan tentang inventarisasi penyelesain perkara dan melombakan kinerja FKPM se Tabalong hingga kinerja para pelaksana dapat memberikan pelayanan terbaik. Hal yang sangat dibutuhkan dalam menjalankan kemitraan adalah kebersamaan dan kesenergian anggota FKPM dengan masyarakat  juga kerja sama yang baik antar elemen,” paparnya.
Menurutnya, FKPM merupakan wadah non pemerintah yang diharapkan mampu memberikan pelayanan menyelesaikan masalah dan duduk bersama antara masyarakat yang didampingi Babin Kamtibmas dan Babinsa  dalam setiap kegiatan penyelesayan perkara. Dengan menghidupkan kembali FKPM kerjasama polisi masyarakat diharapkan dapat menjaga  persatuan dan kesatuan dengan selalu mengedepankan asas musyawarah dan mufakat tiap penyelesaian persoalan.
Polres Tabalong berharap ada kerjasama yang baik dan telah menyiapkan program profil desa, polisi kenal warga dan poskamling FKPM, yang kesemua program tersebut merupakan langkah menuju Tabalong yang aman tentram dan terkendali.(Metro7/Rz)