Tamiang Layang — Tahun ini Pemerintah Kabupaten Barito Timur melalui Dinas Sosial setempat akan merehab rumah tangga miskin (RTM). Program ini akan dilaksanakan di Kecamatan Karusen Janang, Paku dan Dusun Tengah. Berdasarkan hasil pendataan di lapangan, di ketiga kecamatan tersebut terdapat 50 kepala keluarga (KK) yang berhak mendapatkan bantuan rehab rumah.
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bartim, Drs Lisanggana MAP, melalui Kabid Pemberdayaan Sosial, Priadi, mengatakan pihaknya sudah turun ke lapangan untuk mendata masyarakat yang akan mendapatkan bantuan rehab RTM.
“Program rumah tangga miskin ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang kehidupan ekonominya lemah dan keadaan rumah tangganya memprihatinkan, sehingga melalui program rehab rumah tangga miskin ini bisa mengurangi angka kemiskinan dan beban keadaan rumah tangga mereka, bantuan RTM ini kami berikan berupa barang, seperti papan, balokan dan sejenis lainnya,” ujar Priadi.
Priadi juga menambahkan, program rumah tangga miskin ini setiap KK mendapat bantuan senilai Rp 5 juta. “Maka dari itu lah kami berikan berupa barang agar bisa langsung dimanfaatkan untuk memperbaiki rumah mereka, karena kalau berupa uang terlalu repot dan dikhawatirkan tidak dilaksanakan, malah digunakan untuk kebutuhan yang lainnya,” katanya.
Lisanggana juga berharap, dengan adanya program rumah tangga miskin ini, agar bisa membantu masyarakat untuk mengurangi tingkat kemiskinan dan ketidakberdayaan masyarakat untuk mengurangi beban ekonomi rumah tangga mereka. “Kami harapkan kepada masyarakat yang mendapatkan bantuan perehapan rumah tangga miskin ini agar bisa terbantu dan bermanfaat bagi kehidupan mereka,” pungkas Lisanggana. (Ali/Metro7)