1. Hindari merokok karenarokok merupakan salah satupenyebab munculnya radang sendi.

2. Jangan lewatkan waktu untuk berolahraga secararutin. Bergerak bisa membuat sendi dan otot tetap lentur dan kesehatannyatetap terjaga.

3. Konsumsi asam lemakomega-3 dipercaya dapat mengurangi pembengkakan dan kekakuan sendi.Asam lemak omega-3 alami dapat diperoleh dari ikan segar, seperti salmon, sarden, dan makarel. Jika Anda vegetarian, konsumsi sumber alternatif seperti kenari dan suplemen minyak ikan.

4. Cukup konsumsi vitamin C sangat penting bagi penderita radang sendi. Vitamin C dapat diperoleh dari stroberi, jeruk, kiwi, nanas, kembang kol, brokoli, kacang merah, dan kubis.

5. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Memperbanyak asupan sayuran dan buah-buahan dalam menu makan sehari-hari dapat membantu mengurangi risiko osteoarthritis.

6. Jika Anda sudah terlanjur menderita radang sendi, konsumsi produk hewani secara berlebihan seperti susu dapat memperburuk kondisi Anda. Lebih baik perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan.

7. Jahe mengandung bahan kimia yang mirip dengan kandungan obat anti-inflamasi. Menggunakannya dalam teh atau bahan makanan lain dapat membantu mencegah munculnya radang sendi. dtk