Amuntai — Hari Jadi Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) ke-61 merupakan momen yang tepat bagi pemerintah daerah setempat untuk melakukan ziarah ke makam mantan pemimpin dan para pendiri kabupaten.
“Hal ini wujud dari Pemerintah Kabupaten HSU, sebagai bentuk rasa terima kasih dan mengenang kembali akan sumbangsih para pendiri dan juga mantan pemimpin Kabupaten HSU terdahulu,” kata Bupati HSU, H Abdul Wahid, saat ditemui di sela kunjungan ziarahnya, baru-baru tadi.
Selain itu, Wahid beserta rombongan berziarah ke makam H Morhan dan M Juhrani di Desa Pakacangan Kecamatan Amuntai Utara, makam Abdul Aziz dan H A Muthalib M di Desa Palampitan serta H Ardiansyah Fama mantan Bupati HSU di Desa Pasar Senin. “Kami ziarah ke makam pendiri juga ziarah ke makam mantan bupati HSU,” tambahnya.
Wahid menjelaskan Wabup kebagian tugas ke makam para mantan bupati dan pencetus kabupaten,  Seperti Drs HA Suhailin Muchtar di Kecamatan Lampihong Kabupaten Balangan dan Drs H Fakhruddin yang bermakam di Kecamatan Babirik. “Rombongan dibagi menjadi dua, Saya beserta rombongan di seputar HSU dan Wabub, ziarah ke kabupaten tetangga dan sekitar HSU,” jawabnya.
Dalam kesempatan tersebut, Wahid menyerahkan bantuan kepada keluarga para pendiri dan mantan bupati untuk digunakan nantinya dalam pelaksanaan haulan atau keperluan lainnya.
Sementara itu, Darma Setiawan, anak dari Abdul Hamidhan (salah pendiri Kabupaten HSU) mengatakan kebanggaan bagi keluarga atas penghargaan yang diberikan bupati yang datang menziarahi makam ayahnya. “Saya senang dan terharu atas kunjungan bupati ke makam bapak kami yang lokasinya berada di kelurahan Antasari,” kata Darma saat mendampingi bupati ke makam ayahnya. (Metro7/Ayie)