Rantau — Madrasah Aliyah Negeri 1 Rantau (Mansara), baru-baru tadi, menggelar lomba Pramuka penggalang dan PMR Madya se Banua Enam. Lomba ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan acara Milad (ulang tahun) ke-35 sekolah tersebut.
Kegiatan lomba yang diawali dengan apel gabungan sekaligus acara pembukaan lomba.  Dan bertindak selaku pembina apel adalah wakil ketua PMI Tapin Noor Ifansyah SKM MS.
Dalam sambutannya Ifan  mengaku salut atas terselenggaranya kegiatan tersebut. “Saya menyambut baik kegiatan lomba PMR tingkat Madya se-Banua Anam ini, dan salut kepada PMR ambalan Ibnu Sina Mansara yang dapat melaksanakannya dengan mengundang PMR tingkat madya se Banua Anam. Semoga ditahun mendatang kegiatan ini dapat terselenggara lebih luas lagi dengan melibatkan PMR se-Kalsel,”  papar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tapin ini.
Ifan juga memberikan motivasi kepada generasi muda, khususnya pelajar se Banua Anam agar dapat mengisi waktunya dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat.  “Selagi muda hindari hidup tidak sehat, seperti mengkonsumsi narkoba, miras dan lain-lain. Jangan setelah tua nanti baru menyesal dan merasakan imbas dari hidup tidak sehat tersebut,” kata Ifan.
Sementara itu ketua panitia pelaksana Noor Rizky Amalia yang didampingi sekretaris Miftahul Jannah melaporkan bahwa kegiatan lomba ini merupakan yang kedua kalinya digelar, setelah tahun lalu sukses melaksanakannya di tingkat  Kabupaten Tapin.
“Suksesnya lomba di tingkat Kabupaten Tapin tahun kemarin membuat kami tertantang untuk melaksanakan kegiatan serupa namun untuk se Banua Anam.  Insya Allah tahun depan akan kami gelar se Kalsel,” cetusnya.
Pembina PMR Ibnu Sina Mansara Hj Syamsa Ariati SAg menuturkan kalau  cabang yang diperlombakan meliputi pasang tandu dan Pertolongan Pertama. “Selain  berlomba, kegiatan ini bertujuan untuk menjalin tali silaturrahmi dan saling bertukar informasi bagi sesama anggota PMR se Banua Anam,” ujar Ariati.
Kepala Mansara Hilal Najmi SAg  MPdI ketika diminta tanggapannya mengungkapkan kebanggaannya karena PMR Ambalan Ibnu Sina Mansara mampu menyelenggarakan lomba ini. “Saya patut berbangga karena ambalan Ibnu Sina Mansara mampu menyelenggarakan lomba PMR regional se Banua Anam di tengah kelesuan kreativitas PMR di banua saat ini,” kata Hilal.
Tidak lupa Hilal mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia, pembina PMR, pembina OSIS, waksiswaan dan seluruh keluarga besar Mansara yang telah bekerjasama demi suksesnya acara tersebut.
“Terimakasih juga disampaikan kepada sponsor pendukung kegiatan ini seperti   Dinsosnaker Tapin, Bank Kalsel Rantau, Pengadilan Agama,  BLH Tapin, Rizky Motor, Yudi Karya Motor dan Anugerah Motor  serta semua pihak yang membantu terselenggaranya lomba tersebut hingga dapat berjalan lancar. (Metro7/Fit)