• Diikuti 79 Orang Peserta
Rantau — Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Tapin melakukan perekrutan anggota yang akan bertugas di tingkat kecamatan. Seleksi anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) ini telah memasuki tahapan tes tertulis yang diikuti oleh 79 orang peserta, di Aula Sanggar Kegiatan Belajar SKB Jalan Sudirman, Bay Pass Rantau.
Oleh pihak penyelenggara masing-masing peserta yang mengikuti tes diberikan soal sebanyak 50 pertanyaan. Seperti masalah pengawasan pemilu, tugas dan tanggung jawab sebagai pengawas. Waktu untuk menjawab soal hanya dijatah 1 jam saja. Untuk jawaban yang benar, peserta hanya menyilang saja di lembaran jawaban yang sudah disediakan panitia pelaksana.
Menurut Ketua Panwaslu H Yurani SSos, perekrutan Panitia pengawas kecamatan (Panwascam) ini dalam rangka mempersiapkan menghadapi pemilu legislatif yang digelar pada April 2014 mendatang.
“Tahapan pertama pihak kami telah membuka pendaftaran, dan peserta yang mendaftar ada sebanyak 79 orang yang berasal dari 12 Kecamatan di Tapin,” ujar Yurani.
Seluruh peserta sudah melengkapi semua syarat untuk mengikuti tes tertulis dengan menjawab 50 soal selama 1 jam. “Diharapkan melalui tes tertulis ini bisa menjaring peserta yang berhak sebagai Panitia Pengawas Kecamatan yang berkualitas, dan tidak memihak kepada siapa pun yang bersifat jujur dan adil sesuai dengan apa yang diamanahkan dalam undang-undang penyelenggaraan pemilihan umum,” harap Yurani.
Para peserta tersebut tidak hanya menjalani tes tertulis saja , tapi ada satu tahapan lagi yang harus dilalui yakni , tes wawancara atau pit and propertest yang akan berlangsung pada hari Sabtu (11/05) nanti.
“Hasil dari wawancara nantinya akan dipilih 36 orang saja yang dinyatakan lulus, sisanya gagal. Jadi, di tiap kecamatan nanti akan ditempatkan 3 Panwascamnya, dari 12 kecamatan yang ada di Tapin,” terang Yurani.
Menurut salah seorang peserta, Gunazi, mengakui cukup kesulitan menjawab soal-soal diujikan. Soalnya dia mengaku tidak mempunyai persiapan apapun, termasuk membaca buku.
“Tapi berdasarkan pengalaman-pengalaman selama menjadi Panwascam sedikit banyaknya bisa menjawab soal-soal yang diberikan panitia pelaksana,” ujar mantan anggota Panwascam Piani ini.
Ia berharap agar panitia pelaksana perekrutan bisa lebih profesional dalam memilih anggota Panwascam. “Semoga saja peserta yang lulus nanti bukan berdasarkan titipan, pesanan dan lain sebagainya, yang bisa mencederai dalam perekrutan anggota Panwas kecamatan. Sehingga orang yang dipilih benar-benar mempunyai integritas yang tinggi dalam hal melakukan pengawasan pemilihan umum nantinya,” tegas Gunazi. (Metro7/Fit)