Kotabaru — Sebagai wujud komitmen meningkatkan prestasi atlet lokal, PBSI Kotabaru berencana menurunkan pebulutangkis binaan sendiri pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Selatan 2013 yang akan digelar di Kabupaten Banjar.
Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Umum PBSI Kotabaru, Drs Syaiful, S.Sos. M.IP, di sela-sela acara penutupan pertandingan bulutangkis dalam rangka memeriahkan Hari jadi Kabupaten Kotabaru ke 67, baru-baru tadi.
Dikatakan Syaiful, rencana menurunkan pemain lokal pada Porprov pada bulan November mendatang adalah upaya PBSI Kotabaru untuk mengukur tingkat kemampuan para atlet binaan. Sebab jika upaya tersebut tidak dilakukan bisa dipastikan perkembangan atlet berjalan lamban, serta sebagai wujud kemandirian PBSI.
Dengan menurunkan pemain lokal, bukan berarti PBSI Kotabaru tidak memiliki target. Pihaknya tetap bertekad bisa masuk peringkat empat besar, meski daerah lain kemungkinan menurunkan pebulutangkis dari pulau Jawa.
Untuk menggembleng mental para pemain, kata Syaiful, Bupati Kotabaru berencana mendatangkan pelatih dari China.
Kejuaraan bulutangkis untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Kotabaru ini mempertandingkan tiga kategori. Yaitu beregu putra divisi 2, ganda perseorang bebas putra, serta single perseorangan tingkat pelajar SMU.
Untuk beregu putra dijuarai oleh PB Cahaya Sejati A. Pada partai final PB Cahaya Sejati A yang dimotori oleh Irwan/Fajar menumbangkan seniornya PB Cahaya sejati B yang dimotori oleh Damas/Ijuh. Sedangkan ganda putra dimenangkan oleh Dedy Perdana/Fahri dari PB STKIP yang mengandaskan perlawanan Upiq/Saleh dari PB Helcon. Sementara single perseorangan juara pertama adalah Wahyudin, juara kedua Fajar, dan juara ketiga M Ali. (Metro7/Andi)