Barabai — Dewan Pengurus Cabang Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia Hulu Sungai Tengah (DPC HIPKI HST) merekomendasikan mengirim dua peserta untuk mengikuti kegiatan lomba Apresiasi PTK PAUDNI yang akan dilaksanakan di Banjarmasin. Hal ini disampaikan oleh Ketua DPC HIPKI HST, Fathurrahman, dalam pertemuan rutin di LKP Nanisa Kasarangan, Minggu (9/6) tadi.
Kedua peserta tersebut adalah Khairani Maulida (instruktur Tata Busana) dan Hj Atul (pengelola LKP Menjahit Nanisa). Keikutsertaan mereka diharapkan memotivasi LKP di HST untuk dapat berkompetensi dan menunjukkan kreatifitas di ajang bergensi tahunan PTK PAUDNI tersebut.
“Kami berterima kasih atas perhatian pihak Disdik HST melalui Bidang PLS yang mempercayakan LKP di bawah HIPKI membawa nama daerah di tingkat propinsi dan LKP yang dipercaya hendaknya mempersiapkan diri sebaik-baiknya, perlombaan ini juga akan membuka  pengetahuan dan inspirasi bersama untuk mengembangkan LKP yang ada,” ujarnya.
Dua peserta dari HIPKI HST akan bergabung dengan 13 peserta lainnya dari Disdik HST untuk mengikuti ajang Apresiasi PTK PAUDNI. Dari pengamalan sebelumnya HST pernah menjuarai cabang Instruktur Tari dan PKBM hingga mewakili Kalsel ke tingkat Nasional di Jambore PTK PAUDNI di Lombok walaupun belum meraih juara.
Kasi Kursus Disdik HST Hj Yanti Masitah menjelaskan dari 15 cabang lomba yang akan diikuti para peserta dari HST sebelumnya telah dilakukan melalui seleksi 13 cabang sementara dua cabang tata busana dan pengelola LKP diserahkan seleksinya ke HIPKI sebagai mitra Disdik HST. Sementara petunjuk teknis akan disampaikan ke masing-masing peserta agar dapat memanfaatkan waktu seefektif mungkin melakukan persiapan mengikuti lomba.
Apresiasi PTK PAUDNI direncanakan akan melombakan 15 cabang antara lain lomba Pembina PAUD,  Pendidik PAUD, Pamong Belajar, Penilik, Pengelola PKBM, Pengelola TBM, Lomba Instruktur Komputer, Instuktur tata rias, instuktur hantaran pengantin, instruktur tata busana, menjahit, tari. Selain itu ada juga cabang instruktur merangkai bunga, pengelola lembaga kursus terkait pemasaran program dan lulusan dan direncanakan akan dilaksanakan sesudah Idul Fitri 2013 sehingga para peserta memiliki waktu yang cukup untuk berlatih, menyusun presentasi dan materi lomba lainnya. AdvHumHST