• Lomba Bina Keluarga Balita
Rantau — Kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) Melati Desa Batu Hapu Kecamatan Hatungun, Tapin, berhasil mengharumkan nama daerah pada Lomba Bina Keluarga Balita tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.
Kabar tersebut disampaikan Ketua TP PKK Tapin Hj Ratna Ellyani Arifin Arpan SIP yang didampingi Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Tapin, Drs Rahman Ramli kepada wartawan, di Rantau, baru-baru tadi.
Berkat keberhasilannya ini kata Hj Ratna, Kelompok BKB Melati Desa Batu Hapu akan mewakili Kalimantan Selatan untuk mengikuti lomba di tingkat nasional.
Dijelaskan Ratna, Bina Keluarga Balita merupakan kegiatan khusus untuk mengelola pembinaan tumbuh kembang anak, melalui pola asuh yang benar berdasarkan kelompok umur. Selain itu kata Ratna, ini juga sebagai upaya peningkatan pengetahuan, keterampilan dan kesadaran ibu serta anggota keluarga lainnya dalam membina tumbuh kembang balitanya.
Caranya bisa melalui rangsangan fisik, motorik, kecerdasan, sosial, emosional serta moral. “Kelompok BKB ini umumnya terdiri dari keluarga yang mempunyai anak balita,” ujar Ratna.
Keberhasilan yang dicapai melalui program BKB ini tambah Ratna, merupakan hasil kerjasama yang baik dan terjadwal dengan rapi bersama dengan instansi terkait. Seperti pihak BPMPD, Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Tapin, Badan Ketahanan Pangan, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pendidikan Tapin.
Dikatakan Ratna, semua pihak dilibatkan dalam pembinaan ini. Mulai dari kader Posyandu balita, posyandu balita, kader BKB, Kades PAUD, kader dasa wisma, dan masyarakat sekitar. Ini dilakukan dalam rangka menyiapkan generasi penerus dimasa mendatang.
Oleh karena itu, program ini terus-menerus dilaksanakan, melalui upaya-upaya pelatihan dan pembinaan, termasuk memberikan materi-materi baru dan menyiapkan program baru BKB. Dan tidak kalah pentingnya lagi kata dia adalah terus menerapkan semangat juara sehingga diharapkan mampu meraih prestasi di tingkat nasional. “Semoga persiapan kami untuk menghadapi lomba tingkat nasional dapat berjalan lancar dan baik, hingga saat hari penilaian nanti,” ujarnya.
Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Tapin, Drs Rahman Ramli dalam keterangannya mengatakan gelar juara BKB untuk Tapin diketahui pihaknya setelah menerima surat dari Perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel Nomor 17/KS.301/1.4/2013 perihal pemenang lomba kader BKB, BKL, Keluarga Harmonis Sejahtera, Kader Kelompok BKL, PLKB/PKB,PPKBD dan Sub PPKBD. “Para pemenang nantinya akan menerima penghargaan pada Harganas Tingkat Propinsi Kalimantan Selatan tahun 2013,” pungkas mantan staf ahli Bupati Tapin ini. (Metro/Fit)