Barabai — Ada kejadian aneh berbau mistis saat banjir bandang menerjang Desa Alat Seberang Kecamatan Hantakan. Seperti yang diungkapkan oleh pembina Nanang Galuh (Naga) Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Iwan Kreatif.
Ketika mendampingi Ikatan Nanang Galuh (Inaga) Kabupaten HST menyerahkan bantuan di Desa Alat Seberang, Iwan banyak melihat dan mendengar cerita unik. Salah satunya adalah rumah dan kandang ayam milik warga setempat bernama Johansyah.
“Saat terjadinya banjir, rumah dan kandang ayam serta ayam-ayamnya tidak tersentuh oleh air, hanya melewati samping rumah dan kandang ayamnya saja dan ini salah satu kekuasaan tuhan,” ungkapnya.
Cerita mistis ini beredar luas di masyarakat. Buktinya pun dapat dilihat dari bekas terjangan air di sekitar rumah dan kandang ayam. Namun terjangan air sama sekali tidak menyentuh rumah dan kandang ayam tersebut.
Inaga Kabupaten HST menggelar aksi peduli korban banjir bandang dengan melakukan penggalangan dana selama dua hari dan terjun langsung ke lokasi bencana, Senin (17/6) tadi. Para duta wisata HST ini terdiri dari Nanang Dayat, Nanang Ajudin, Nanang Nuril, Galuh Eka, Galuh Lia dan Galuh Najla.
Ketua penggalangan dana, Nanang Muhammad Hidayatullah, menuturkan dana yang diperoleh akan dibelikan barang berupa pakaian dalam, pembalut wanita, popok bayi, bahan makanan, dan makanan siap saji.  “Adapun jumlah dana yang terkumpul selama dua hari sebesar Rp. 1.778.800,-  dengan mengambil lokasi di pasar murakata, plaza murakata, pujasera da sekitarnya,” katanya.
Lebih lanjut, Hidayatullah menuturkan saat menyerahkan bantuan ke lokasi bencana banyak hal-hal yang dapat mereka petik hikmahnya.  “Ini menjadikan sebuah pelajaran bagi kita semua, bahwa tuhan memberikan peringatan kepada hamba-Nya untuk lebih ingat dan patuh terhadap-Nya,” terangnya. AdvHumHST