Ketua Pengadilan Negeri (PN) Tamiang Layang,  Hj Rosmawati SH MH tengah dari kanan dan tengah
dari kiri Ranto Indra Karta SH MH saat berpoto bersama Rabu (26/6) belam lama ini. .
Tamiang Layang — Seorang hakim harus bertindak adil dan bijaksana. Jangan lupa, kerjasama juga memegang peranan penting untuk keberhasilan menjalankan tugas.
Pesan itu disampaikan oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Tamiang Layang, Hj Rosmawati SH MH, saat pelantikan dan pengambilan sumpah Wakil Ketua PN Tamiang Layang, Ranto Indra Karta SH MH, Rabu (26/6) lalu.
Dikatakan Rosmawati, menjadi seorang hakim memiliki beban tugas sangat berat. Terlebih ketika harus mengambil putusan yang sulit. Karena itu, hakim terkadang diibaratkan akan menambah keluarga dan menambah musuh saat palu keputusan diketok. “Menjadi Hakim terkadang punya beban moral tersendiri. Saat kita membuat putusan, maka akan menambah satu keluarga dan satu musuh,” ujarnya.
Rosmawati meminta kepada wakilnya untuk segera beradaptasi dengan lingkungan kerja di PN Tamiang Layang sehingga dapat menjalankan tugas dengan maksimal.
Tidak hanya Wakil Ketua PN banyak diberikan pesan dalam acara sakral kedinasan tersebut. Para hakim pun diwanti-wanti untuk menjalankan tugas dengan seadil-adilnya tanpa mementingkan satu pihak atau kelompok.
“Setiap hakim harus adil dan bijak dalam menjalankan tugas. Jangan sampai keputusan yang keluar menguntungkan salah satu pihak atau kelompok tertentu,” papar Rosmawati.
Acara pengambilan sumpah dan pelantikan Wakil Ketua PN Tamiang Layang tersebut dihadiri oleh Sekda Kabupaten Bartim Eskop, Kapolres Amostian SiK, Kepala Kejaksaan Negeri Tamiang Layang dan undangan lainnya. (Metro7/Jaya)