Amuntai — Semua komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) periode lima tahun mendatang akan diisi oleh muka-muka baru. Setelah memasuki semua tahapan penjaringan, tidak ada satu orang pun komisioner yang kini masih bertugas berhasil masuk lima besar.
Lima orang calon yang terpilih menjadi komisioner KPU Kabupaten HSU adalah  Akhmad Syarwani SSos MM, Riza Anshari SS MSi, Husnul Fajri SSos M.AP, Hamli SAg dan Dra Vivi Suprihati.
Sekretaris KPU Kabupaten HSU, Taufan Rizani SSos, mengatakan, kelimanya merupakan orang-orang baru yang dinilai mampu menjalankan tugas sebagai komisioner KPU.
“KPU provinsi telah melantik anggota KPU kabupaten dan kota se-Kalsel, termasuk HSU dan urutan lima besarlah yang berhak menduduki Komisioner KPU tersebut,” katanya.
Setelah pelantikan kelima anggota KPUD terpiih tersebut langsung diikutkan dalam pelatihan petunjuk teknis sebagai komisioner KPU yang dijalankan lima tahun ke depan
Dengan adanya pembekalan melalui bintek diharapkan dapat memberikan pemahaman seputar tugas dan tanggungjawab seorang komisioner KPU.
Sebelumnya seleksi untuk KPUD HSU ini juga diikuti oleh wajah-wajah lama, seperti Ketua KPUD sebelumnya M Noor SPd dan Drs Suhardi. Namun keduanya tersingkir dan gagal masuk lima besar.
Taufan mengatakan semua calon yang lulus sebagai komisioner KPU harus segera melengkapi persyaratan. Ia berharap selain dari pembekalan yang didapat dari Bintek, anggota KPU harus juga membekali dirinya dengan ilmu yang didapat dari luar Bintek.
Ia berharap ke lima anggota KPU yang baru terpilih akan lebih solid dan lebih berwawasan dari komisioner KPU sebelumnya. Karena kelima orang yang terpilih ini, menurutnya, adalah yang terbaik dari sekian banyak calon yang telah mengikuti seleksi. (Metro7/Ayie)