Barabai– Bupati HST H Harun Nurasid boleh tersenyum, pasalnya berdasarkan survey persepsi publik kinerjanya menunjukkan hasil positip. Hal ini menyusul hasil survey yang dilakukan peneliti dari Universitas Indonesia (UI) Jakarta persepsi publik terhadap kinerja pemerintah daerah.
Alhadulillah hasil survey menjunjukkan hasil yang baik terhadap performance jajaran Pemkab HST.” ujar Bupati HST H Harun Nurasid disela ekspose hasil survey yang dipaparkan para peneliti UI.
Menurut Harun, hasil penelitian tersebut menjadi acuan seluruh SKPD untuk meningkatkan pencapaian yang telah dilakukan sekaligus sebagai bahan guna melakukan perkuatkan perencanaan dan pelaksanaan program terhadap kelemahan yang masih ditemukan.
“Untuk itu perlu dilakukan komparasi dari penelitan yang telah dilakukan pada tahun 2011 lalu dan terhadap survey yang akan dilakukan tahun 2014 akan datang” ingatnya kepada seluruh SKPD terutama Bappeda.
Peneliti UI, Maulana Yusuf, SIP, M.Si mengungkapkan dari hasil penelitian menggunakan dimensi servis quality bahwa kinerja Pemkab HST dilihat dari persepsi publik dalam semua dimensi pada sektor terpilih menunjukkan hasil cukup baik.
“Hal ini terindikasi dari pencapaian kinerja keseluruhan di atas 80 %” ujarnya.
Meskipun demikian, Maulana Yusuf dalam rekomendasi yang diberikan memberi warning  agar Pemkab HST bekerja keras untuk mempertahankan kinerja yang telah dicapai, terutama disektor ekonomi.
“Ke depan, perlu dilakukan audit kinerja SKPD, sehingga terpantau dan terukur secara akurat upaya SKPD dalam merealisasikan persepsi masyarakat dan implementasi rencana pembangunan serta tupoksi.
Dari apsek kinerja dan disiplin birokrasi,  publik memberikan penilaian baik. Hal ini terlihat dari skor kinerja mnunjukkan angka 87, 38 % dari pencapaian kenyataan sebesar 3,29 dari angka harapan 3, 77.
“Sedangkan pada aspek transparansi dan akuntabilitas masih pada tataran sedang” jelas.
Demkian pula persepsi publik pada bidang pendidikan, kesehatan, keamanan dan ketertiban  yang dinilai baik dengan capaian rata-rata 60 %.
“Sementara itu untuk kinerja ekonomi berdasarkan hasil survey selama tiga bulan terakhir, menunjukkan nilai sedang pada rentang 52, 8 -78 %, mulai dari industri jasa hingga kebutuhan pokok.
“Pada kinerja sosial persepsi public mengatakan baik termasuk dari gangguan tingkat kriminalitas” tambahnya.
Pada bidang infrastruktur, persepsi masyarakat terhadap layanan yang diberikan menunjukkan angka baik, 64, 8 %. Sarana transpoprtas, perumahan dan pemukiman hamper mencapai angka 90 %. Skor tertinggi dicapai dari sarana air bersih yang mana tingkat kepuasan kinerja mencapai 91, 94 %.
“Fasilitas air bersih dinilai semakin berkualitas dan semakin ” jelasnya.
Sementara itu peneliti lain dari UI, Dr Kamarudin menjelaskan bahwa metodelogi penelitian menggunakan multistage random sampling terhadap 400 responden di 11 kecamatan. Teknik mendapatkan data primer menggunakan wawancara langsung dengan menggunakan kuisioner terstruktur.
“Sampling error 5 % dengan tingkat kepercayaan sebesar 9 %” jelasnya.advhst