Martapura — Seorang warga Sungai Kacang Jalan Sekumpul Ujung Kecamatan Martapura Kota, Sugiarto (42), menemukan mortar di tumpukan tanah urukan, Senin (8/7) tadi. Penemuan bahan peledak ini kontan menggegerkan warga setempat.
Diceritakan Sugiarto, tak lama setelah truk menurunkan tanah urukan, ia berniat memindahkannya. Selagi bekerja, ia menemukan besi berbentuk bundar dan panjang. Setelah dibersihkan, Sugiarto sadar benda itu adalah mortir.
“Saya bersihkan dengan gergaji besi. Saya tahu itu mortir, tapi tidak ada perasaan takut. Saya tidak mengganggu sekitar pemicunya,” ujarnya.
Diungkapkannya, tanah urukan itu berasal dari tempat pembangunan Keraton Banjar di kawasan Cahaya Bumi Selamat. “Saya langsung menghubungi petugas. Mortir itu lalu saya letakkan di atas papan,” ujarnya sembari menunjuk tumpukan papan yang ia maksud.
Tak lama berselang, puluhan petugas Polres Banjar datang dan memasang garis polisi di sekitar lokasi penemuan. Sembari menunggu tim gegana, mortir itu dibiarkan tetap diam di tempatnya.
Tak ayal, kejadian ini menjadi tontonan warga setempat dan para pengguna jalan. Kawasan Sekumpul pun macet.
Satu jam berlalu, tim gegana yang ditunggu pun datang dan langsung mengamankan mortir, dibungkus dan dimasukkan dalam tangki pengaman bahan peledak.
“Masih aktif atau tidak, kami teliti dulu, hasilnya nanti kami serahkan ke polres setempat,” kata Bripka Zainal Arifin dari Detasemen Gegana Brimobda Kalsel. (Metro7/Fit)