Tamiang Layang — Mobil keliling milik oleh Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Barito Timur saat ini kondisinya tidak layak pakai lagi. Mobil itu kini sering mengalami kerusakan.
“kita tidak bisa lagi melakukan perpustakaan keliling untuk melayani para pelajar dan masyarakat yang jauh dari jangkauan ibu kota Kabupaten, saat ini kita hanya bisa nunggu dikantor saja untuk melakukan pelayanan, karena terkendala dengan mobil operasional,” kata Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi, Kartini SPd, ketika ditemui di ruang kerjanya, baru-baru tadi.
Untuk pengusulan mobil perputakaan keliling, pihaknya sudah melakukan lobi ke Jakarta melalui program Blokgren pusat. “Usulan tersebut sudah masuk dan sekarang informasinya sudah tahap pelelangan, mudah-mudahan pada tahun ini kita sudah memiliki mobil perpustakaan keliling agar pelayanan di lapangan bisa terpenuhi,” jelas Kartini.
Dia juga berterima kasih kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang selama ini sudah memperhatikan kelengkapan buku perpustakaan yang dipimpinnya. “Pada tahun 2012 kemarin kita ada mendapatkan bantuan buku dari proyek Blokgren pusat sebanyak 1000 buku yang terdiri dari 500 judul,” ungkapnya.
Pihaknya juga dibantu oleh perpustakaan Provinsi Kalteng sebanyak 1000 buku. Sedangkan pada tahun 2013 ini Pemerintah Kabupaten Bartim telah menganggarkan untuk kelengkapan buku sebanyak 1300 buku melalui anggaran APBD Kabupaten Bartim.
Kartini juga menambahkan dengan dilengkapinya buku di perpustakan ini, minat baca dan pengunjung lebih meningkat rata-rata 25 orang pengunjung perhari. Sedangkan dulu sebelum dilengkapi buku hanya 5 sampai 10 orang pengunjung.  
“Dengan adanya mengajukan untuk penambahan mobil operasional perpustakaan keliling ini, saya sangat mengharapkan agar bisa terealisasi dengan baik dan bisa ditanggapi untuk kelengkapan mobil tersebut, karena ini merupakan bagian yang penting untuk perpustakaan daerah,” harap Kartini. (Metro7/Ali/Fauzi)