Kadisprindag Mahudi. S Dalib. S.Pd. MM
Tamiang Layang — Setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri dan perayaan Natal, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Barito Timur selalu menggelar pasar murah.
Kepala Disprindag Kabupaten Barito Timur, Mahudi. S Dalib SPd MM, Rabu (17/7) tadi, mengatakan pada perayaan Idul Fitri tahun 2013 ini, ada dua titik yang dijadikan tempat dalam pelaksanan pasar murah. Yaitu di Desa Juru Banu Kecamatan Paju Epat dan Desa Bentot Kecamatan Petangkep Tutui.
“Pasar murah ini rutin kita laksanakan setiap tahun, bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kalteng, karena dalam pelaksanaan anggarannya dari APBD Provinsi sharing dengan APBD Kabupaten Bartim, sedangkan sebagai pelaksana kegiatan adalah Disperindag Kabupaten Bartim,” ungkap Mahudi.
Pasar murah ini bertujuan untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam mendapatkan sembako dengan harga lebih murah. “Kita juga memberikan himbauan kepada para pedagang agar jangan sampai terlalu tinggi menaikkan harga untuk kebutuhan bahan pokok, jangan sampai suasana menjelang lebaran dimanfaatkan pedagang untuk meraup keuntungan yang besar, sehingga masyarakat terbebani dengan tingginya harga untuk membeli kebutuhan bahan pokok,” harapnya.
Mahudi juga berharap agar para pedagang tidak menjaul barang dagangan kadaluarsa. Apalagi dengan parsel yang dijual oleh pedagang untuk kebutuhan masyarakat berlebaran. “Apabila ada kami temukan pedagang menjual bahan yang sudah kadaluarsa dipasarkan maka kami dari dinas teknis akan menindak pedagang tersebut sesuai dengan aturan dan ketentuan yang ada,” jelasnya. (Metro7/Ali)