Ilustrasi
Banjarmasin – Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel), Brigjen Polisi Taufik Ansorie, berjanji jajarannya akan menindak tegas terhadap organisasi masyakarat (ormas) atau perorangan, yang berbuat anarkis. Hal itu ditegaskan Brigjen Polisi Taufik Ansorie, kepada awak media, Selasa malam (23/7) yang lalu.
Hal ini diungkapnya, lantaran menurut Kapolda Kalsel, untuk diketahui selama ini Kalsel sudah dalam kondusif, dan jangan sampai dibuat hal yang merugikan masyatakat.
“Terlebih saat ini umat Islam sedang melaksanakan bulan penuh Hikmah yaitu menjalankan puasa. Kita sebagai pungsi Polri melaksanakan keamanan supaya tak ada yang gangguan umat Islam menjalankan ibadah puasa,’’ bebernya.
Dikatakan, Polri menjamin keamanan bagi umat Islam menjalankan ibadah puasanya. Selain itu, Polri akan sepenuhnya menjaga dari gangguan para ormas yang akan menganggu keamanan. Oleh sebab itulah anggota Polda Kalsel, sudah melaksanakan dengan beberapa sandi.
Sandi yang digunakan antara lain, Barito Intan, ini difokuskan dengan Polisi Perairan, dimana anggota Polisi Perairan melaksanakan keamanan di air dari premanisme terjadi perairan di Kalsel.
Sandi kedua yaitu operasi Patuh Intan, dimana difokuskan dengan keamanan berlalu lintas, dalam kegiatan masyarakat merasa aman menggunakan lalu lintas tanpa ada rintangan sampai Hari Raya Idul Fitri. Sandi Ketiga, yakni Operasi SIkat Intan, yang mana difokuskan anggota Sabhara dalam keamanan di masyarakat untuk memberantas para premanisme yang bisa mengganggu.
Adanya operasi ini jelas Kapolda Kalsel, anggotanya bisa melakukan tindakan yang melanggar peraturan hukum para oknum-oknum maupun para ormas yang mengganggu keamanan tersebut.
Dimana komitmen para anggota polri untuk memberantas para oknum-oknum dan ormas yang melakukan pelanggaran hukum akan lebih tegas ditindak lanjuti. “Sisi lain, kalau ada yang melakukan tindak melanggar hukum masyarakat bisa langsung melaporkan ke polisi terdekat,’’ imbuh Kapolda.
Selain itu, mayarakat janganlah melakukan main hakim sendiri, saat menangkap para pelaku kejahatan. Hal ini lantaran anggota kepolisian dari Polda, maupun anggota Polresta dan anggota Polsek-polsek yang ada di kecamatan masing-masing wilayah hukumnya, sudah melaksanakan keamanan guna melindungi para warga dari orang-orang melakukan kejahatan. “Mari sama-sama kita menjaga kondisi Kalsel yang sudah kondusif,” harap Kapolda.(tim)