Barabai — Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) menggelar kegiatan bercerita oleh pustakawan kepada anak TK. Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka mengembangkan minat baca sejak usia dini ini dilakukan di depan Gedung Juang Barabai, Kamis (29/8) tadi.
Kasi Pengembangan Perpustakaan pada Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten HST, Hj Siti Ramnah SSos, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan minat baca dan memperkenalkan perpustakaan kepada anak-anak. “Bercerita kepada anak-anak TK merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengajak anak agar cinta dengan buku sehingga ia berusaha untuk membacanya,” katanya.
Dengan membaca, paparnya, wawasan anak-anak kita akan menjadi luas, karena buku adalah jendela dunia. “Dengan membaca buku, minimal buku cerita rakyat atau dongeng, wawasan anak-anak kita akan menjadi luas,” terangnya.
Selain itu, cerita yang akan disampaikan kepada anak-anak bertemakan khazanah budaya daerah yang ada di Indonesia, khususnya di daerah HST, sehingga anak-anak TK berkeinginan untuk membacanya. “Anak-anak akan lebih cepat menangkap pelajaran apabila diselingi dengan bercerita,” tuturnya.
Sementara Rahmiati AMa selaku pustakawati Perpusda HST, menjelaskan program ini dilakanakan setiap satu minggu sekali dalam satu tahun dengan mengundang anak-anak dari 48 TK di Kabupaten HST. Setiap TK mengirimkan 18 orang anak didiknya dengan dua guru pendamping.
Cerita nusantara yang disampaikan kepada anak-anak kali ini berjudul Timun Mas. Anak-anak yang menyaksikannya pun tampak senang dan tertawa riang “Adapun TK yang diundang kali ini yaitu TK Sejahtera, TK Kenanga, TK Aisyiah dan TK Pusaka Abadi,” tuturnya. AdvHumHST