Kandangan — Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Cabang Hulu Sungai Selatan (HSS) bersama Tim Penggerak PKK dan Dinas Kesehatan setempat menggelar pencanangan Gerakan 21 Hari Cuci Tangan Pakai Sabun dan Gosok Gigi Anak Banua. Kegiatan yang dipusatkan di SDN Batang Kulur Tengah Desa Hariti Kecamatan Sungai Raya ini dihadiri oleh Bupati H Achmad Fikry dan Ketua Tim Penggerak PKK Hj Isnaniah Achmad Fikry beserta jajarannya.
Ketua Panitia Pelaksana, Hanti Wahyu Ningsih SKM dalam laporannya mengatakan kegiatan pelaksanaan gerakan 21 hari tersebut dimulai sejak tanggal 26 Agustus 2013 dan berakhir pada tanggal 15 September 2013. 
Program ini menyertakan tiga sekolah dasar di daerah tertinggal, satu sekolah dasar unggulan dan satu sekolah dasar di desa Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS). Dimana, Sekolah Dasar di Kabupaten HSS yang menjadi binaan adalah  SDN Kandangan Utara 2, SDN Ulin, SDN Malilingin, SDN Bajayau dan SDN Batang Kulur Tengah dengan jumlah siswa 425 orang.
“Kegiatan ini, adalah salah satu cara untuk mencegah terhadap timbulnya penyakit Infeksi, kecacingan dan anemia pada anak-anak sekolah,” ujar Anti Wahyu Ningsih dalam laporannya.
Salah seorang anggota IAKMI, Yulianto mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini diharapkan dapat menjadi kebiasaan bagi masyarakat dan anak-anak sekolah dasar. Sehingga, kesehatan dan kebersihan akan senantiasa terjamin dalam berkehidupan.
“Cuci tangan memang terlihat gampang, tetapi sangat sulit dilaksanakan. Oleh sebab itu, diperlukan waktu untuk membiasakan,” kata Yulianto. (Metro7/Fit)