Lurah Berangas Barat.
 Ujang Udadi. SH
Marabahan — Kesadaran masyarakat Kabupaten Barito Kuala (Batola) untuk menunaikan kewajibannya membayar pajak agaknya perlu lebih ditingkatkan  lagi. Pasalnya, ada sebagian desa dan kelurahan yang selalu menunggak pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB).
Kelurahan Berangas Barat umpamanya. Menurut Ujang Udadi SH, lurah setempat, kesadaran warganya membayar PBB masih sangat rendah. Padahal pihaknya sudah memberitahukan kepada masyarakat melalui ketua RT agar memperhatikan kewajibannya membayar PBB.
Menurut Ujang Udadi, Kelurahan Berangas Barat terdiri dari 15 RT dengan jumlah penduduk sebanyak 3000 jiwa dari 900 KK.
Dengan terjadinya tunggakan PBB ini, pihaknya sudah mengambil langkah yaitu memerintahkan masing-masing RT agar membantu dalam proses pembayaran sekaligus membagikan brosur tentang PBB. Warga juga bisa melakukan pembayaran sendiri melewati bank terdekat.
Ujang juga menghimbau kepada warganya, agar ada kesadaran untuk membayar kewajiban PBB. Karena PBB merupakan sumber pendapatan asli daerah (PAD) untuk biaya pembangunan.
Ia berharap dengan adanya kesadaran untuk membayar PBB tepat waktu, maka kita turut serta untuk membantu percepatan pembangunan daerah. “Sehingga benar-benar kita rasakan bersama,” pungkasnya. (Metro7/Andi)