Ilustrasi

Kandangan — Dua orang anggota polisi di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Briptu Aji Putra dan Brigadir Abijar, Rabu (11/9) tadi, terpaksa dilarikan ke Unit Gawat Darurat (UGD) Puskesmas Bayanan.
Kedua aparat ini terluka parah setelah ditikam oleh Amat Ampau (35), warga Desa Habirau Tengah RT 08 RW 2 Kecamatan Daha Selatan.
Setelah mendapatkan perawatan di UGD Puskesmas, Kedua aparat penegak hukum ini selanjutnya di rujuk ke Rumah Sakit Hasan Basry Kandangan. Karena dokter bedah yang menangani tidak ada, Briptu Aji Putra yang terlihat lemah, kembali dilarikan ke Rumah Sakit Datu Sanggul Rantau dan dirujuk lagi ke Rumah Sakit Bhayangkara Banjarmasin. Sementara Brigadir Abijar yang mengalami luka di kaki, dirawat di Rumah Sakit Hasan Basry.
Dari informasi yang didapat di lapangan, pagi itu, sekira pukul 07.00, Amat Ampau bertemu dengan mantan istrinya, Ernasari (23), keduanya pun bertengkar.
Parahnya, Amat Ampau kemudian menyandera dan membawa Ernasari ke rumah orangtuanya.  Mendengar kejadian itu, orangtua Ernasari melapor kepada Kepala Desa Sungai Pinang, Maskuri.]
Setengah jam kemudian, orang tua Erna, ditemani Kepala Desa Sungai Pinang, Kepala Desa Habirau beserta 4 orang angota Polsek Daha Selatan mendatangi rumah orangtua Amat Ampau. Mengetahui kedatangan rombongan tersebut, Amat langsung menyeret Erna untuk bersembunyi di dalam wc.
Empat anggota kepolisian mendekati pintu wc. Sambil meminta agar Amat menyerahkan mantan istrinya dengan baik-baik. Bujukan polisi dari balik pintu, tidak dihiraukan. Briptu Aji dan Brigadir Abijar pun bertindak tegas, mendobrak pintu wc. Alasan dilakukannya pendobrakan, karena Erna terdengar menjerit-jerit berteriak meminta tolong.
Pukul 08.15, dua anggota polsek mendobrak pintu WC. Setelah pintu terbuka, spontan Amat lari keluar sambil menghunus sebilah belati. Briptu Aji Putra yang berada di dekat pintu, langsung ditusuk ke arah perut.
Mendapatkan serangan secara tiba-tiba dan tidak disangka. Aji berupaya menangkis, upaya tersebut berhasil, namun tusukan tersebut sempat menggores pergelangan tangan kiri Aji, hingga menghujam pinggang kirinya.
Melihat rekannya terluka, Brigadir Abijar mendekat untuk memberikan pertolongan. Namun nasib apes juga dialaminya, sebuah tusukan didaratkan oleh Amat Ampau. Kendati sempat menghindar, namun tak urung, kaki kanannya juga tertusuk oleh pisau yang dipegang erat Amat.
Setelah melukai dua orang polisi. Amat langsung kabur sambil mengacungkan belatinya ke atas untuk menakuti orang-orang yang ingin menangkapnya.
Setelah Amat melarikan diri, dua orang rekan Briptu Aji yang ada di halaman rumah langsung mengevakuasi Aji dan Abijar ke UGD Puskesmas Bayanan.
Kasat Reskrim Polres HSS Iptu Mufid yang dikonfirmasi membenarkan bahwa, ada dua anggotanya yang menjadi korban penusukan. “Benar, ada dua anggota kita yang terluka akibat ditusuk senjata tajam oleh tersangka ketika akan diamankan. Kita masih lakukan pengejaran, terhadap tersangka,” katanya. (Metro7/Fit)