Paringin — Salah seorang penyadap karet di Perkebunan Pirsus, Jainab (24), menemukan sesosok mayat yang sudah membusuk, Selasa (10/9) tadi. Tak ayal penemuan mayat ini menggegerkan warga Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan.
Pagi itu, ketika berjalan melintasi Perkebunan Pirsus, Jainab melihat sesuatu yang mencurigakan. Penasaran, ia pun mendekat.  Betapa terkejutnya wanita ini setelah mengetahui yang ditemukannya itu adalah sesosok mayat.  “Sebagian tubuhnya tertutup karung, tapi kakinya terlihat,” kata petani karet yang tinggal di Desa Murung Ilung ini.
Tidak mau ambil resiko, penemuannya ini dilaporkan kepada petugas keamanan perusahaan perkebunan tersebut. Laporan itu itu kemudian diteruskan kepada Bripda Sultan, anggota Polres Balangan yang sedang melakukan tugas pengamanan di Kantor PT Adaro Indonesia.
Bripda Sultan langsung menuju TKP untuk memastikan kebenaran laporan tersebut. Sesaat memastikan laporan itu benar, ia meneruskannya ke Mapolres Balangan. Mayat itu kemudian diketahui bernama M Yasin (34) warga Desa Ilung Pasar Lama Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Jasad pria malang ini ditemukan dalam keadaan tertelungkup di tengah kebun karet. Tengkorak kepala belah, tangan kanan hampir putus, serta banyak ditemukan luka gores dan tusukan di bagian dada. Parahnya lagi, bagian belakang sudah membusuk.
Dari kesaksian Rudiansyah (34), kakak ipar korban, Yasin  meminjam sepeda motornya dan meninggalkan rumah sejak hari Jum’at (6/9) lalu. “Kalau meminjam sepeda motor biasanya sebentar saja. Pas turun rumah itupun dia seperti tergesa-gesa,” ungkapnya.
Kasubag Humas Polres Balangan Aipda B Piktrus mengatakan, berdasar keterangan dari Rudiansyah, diketahui ada beberapa barang milik korban yang tidak ditemukan di TKP. Yakni sepeda motor Satria F bernomor polisi DA 4676 GU, satu buah HP dan dompet milik korban. “Diperkirakan mayat sudah membusuk selama empat hari. Korban diduga korban dari penganiayaan berat. Kami masih dalam penyelidikan,” katanya.
Pikrus juga menjelaskan, pihaknya menemukan ceceran darah tidak jauh dari lokasi kejadian. Di belakang sebuah rumah kosong, sekitar 100 meter dari lokasi penemuan mayat,  tepatnya di pintu belakang telah ditemukan titisan darah. (Metro7/Sri)