Paringin — Polres Balangan menggelar peringatan HUT Polantas bersama kalangan pelajar di Bumi Sanggam. Tujuannya, agar anggota Polri lebih dekat dengan para pelajar sehingga dapat bertatap muka, berbicara dan menyampaikan beberapa hal penting seperti masalah keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.
Kabag Humas Polres Balangan, Aipda B Pikrus, mengatakan peringatan HUT Polantas ini diikuti oleh 600 orang pelajar kelas 10 – 12 se-Kabupaten Balangan.
Dijelaskan Pikrus, berdasarkan data pada tahun 2011 lalu di Indonesia sebanyak 32.657 nyawa melayang akibat kecelakaan lalu lintas. Sementara tahun 2012 menurun menjadi 29.655 orang meninggal dunia.
Dari angka itu berarti sekitar 82 orang Indonesia meninggal akibat kecelakaan. Lebih spesifik lagi, dalam satu jam ada 3 – 4 nyawa yang melayang di jalan raya.
Sedangkan untuk kasus kecelakaan pada semester pertama tahun 2013, bulan Januari sampai Juni, telah terjadi 244 kasus kecelakaan. Kebanyakan korbannya adalah remaja yang berusia di bawah 16 tahun.
“Menurut UU NO 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan yang tertera dalam pasal 226 mengamanatkan kepada kita bahwa untuk menciptakan keselamatan lalu lintas telah disusun program pencegahan kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya.
Analisa dan evaluasi secara mendalam oleh Polri, solusi untuk memecahkan krisis keselamatan jalan hanya dapat diimplementasikan melalui kolaborasi multisektoral dan kemitraan. (Metro7/Fit)