Paringin — Bupati Balangan Ir H Sefek Effendie ME bersama Wakil Bupati Drs H Ansharuddin, baru-baru tadi, mengunjungi mahasiswa asal Bumi Sanggam yang menuntut ilmu di Yogyakarta. Halal bihalal yang juga dihadiri oleh Sekda Ir Ruskariady ini dilaksanakan di Hotel Jogja Plaza.
Dalam pertemuan tersebut Sefek mengungkapkan dukungannya terhadap kemajuan dunia pendidikan di Kabupaten Balangan. Dukungan itu bukan hanya melalui bantuan dana, tapi juga bisa lewat kunjungan untuk meningkatkan semangat mahasiswa dalam menuntut ilmu.
Pada kesempatan itu Sefek mengingatkan agar mahasiswa asal Balangan menjaga kerukunan dan memperkuat jalinan tali silaturhmi selama berada di perantauan. “Insya Allah kami akan memberikan lagi sokongan dana untuk pembangunan asrama putri, dengan catatan mahasiswa benar-benar melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin agar ilmu yang diperoleh bisa dikembangkan di Kabupaten Balangan,” katanya.
Lebih jauh Sefek menjelaskan, menempuh pendidikan di luar daerah dan jauh dari orang tua harus disikapi sebagai momen yang sangat baik untuk membentuk kemandirian, bertanggungjawab atas diri sendiri dan selalu berusaha untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapi. ”Jangan biasakan meminta bantuan apalagi hanya untuk masalah kecil. Hal ini akan sangat besar pengaruhnya pada karakter kalian kelak sebagai generasi penerus nasib bangsa,” pesannya.
Sementara itu, Ketua Kerukunan Mahasiswa Jogjakarta – Malang, Yoga Akhmad Zulfikar, menyambut baik kunjungan Pemerintah Kabupaten Balangan. “(Kunjungan ini) secara tidak langsung menambah semangat dalam menuntut ilmu dan segera mengabdikan diri ke banua,” katanya.
Diungkapkannya, mahasiswa Balangan yang menuntut ilmu di Jogjakarta dan Malang berjumlah 41 orang. Sementera pertemuan tersebut juga dihadiri oleh rekannya dari beberapa kabupaten/kota di Kalimantan Selatan. (Metro7/Fit)